Penyebab, Jenis dan Perawatan Hiperpigmentasi



Setiap orang pasti mendambakan kulit wajah yang sehat, bersih, tanpa adanya tekstur ataupun warna yang berbeda. Faktanya, terdapat banyak sekali permasalahan-permasalahan kulit pada wajah; sebut saja jerawat, kulit kusam, kulit kering, juga flek coklat kehitaman atau yang dikenal sebagai hiperpigmentasi.


Apa itu Hiperpigmentasi?

Hiperpigmentasi adalah kondisi kulit yang sering terjadi, biasanya ditandai dengan adanya spot atau bercak kulit berwarna coklat dan kehitaman di area (wajah) tertentu. Sejatinya, kondisi kulit hiperpigmentasi tidak berbahaya, tetapi secara estetika, warna coklat tidak merata ini dapat mengganggu penampilan dan banyak orang mengeluhkan kondisi hiperpigmentasi.


Penyebab Hiperpigementasi

Secara garis besar, kelebihan atau kekurangan jumlah melanin dapat menyebabkan permasalahan yang menunjukkan pigmentasi kulit. Sebagai informasi, melanin adalah pigmen alami yang memberikan warna pada kulit, rambut, dan mata kita. Selanjutnya, hiperpigmentasi dapat dipicu oleh beberapa hal, diantaranya:


Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari merupakan faktor utama hiperpigmentasi. Setiap manusia memiliki pigmen natural (melanin) yang memiliki peran krusial dalam melindungi kulit dari efek buruk radiasi ultraviolet. Kulit yang tidak diproteksi baik dengan sunscreen terpapar sinar matahari berlebih berisiko menimbulkan hiperpigmentasi parah dari waktu ke waktu. Tidak hanya hiperpigmentasi, paparan sinar matahari berlebih mendorong penuaan dini atau photoaging.


Perubahan Hormon

Perubahan hormon merupakan salah satu faktor utama permasalahan melasma bagi kebanyakan wanita (berada dalam masa kehamilan). Berdasarkan studi, kadar estrogen, progesteron, dan melanokortin yang tinggi menjadi faktor pemicu melasma selama masa kehamilan.


Penggunaan Kosmetik

Selain hormon dan paparan sinar matahari, pemakaian kosmetik dengan kandungan tertentu dapat memicu munculnya hiperpigmentasi. Hidrokinon, merkuri, dan kandungan tertentu lainnya bisa menimbulkan okronosis di beberapa orang.


Jenis-jenis Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi atau kulit tidak merata ini memiliki beberapa jenis, yaitu:


1. Sunspots

Sunspots adalah kondisi yang paling sering muncul. Flek coklat kecil ini juga disebut sebagai "liver spots" atau lentigen surya karena kondisinya berhubungan dengan paparan sinar matahari yang berlangsung dalam kurun waktu yang lama. Maka dari itu, sunspots biasanya terlihat dan muncul di area kulit yang sering terpapar sinar matahari seperti tangan dan wajah.


2. Melasma

Terlihat bedanya, melasma memiliki area gelap yang lebih besar dibandingkan flek sunspots. Tidak hanya disebabkan oleh paparan sinar matahari, melasma kemungkinan terjadi karena perubahan hormon. Kehamilan, misalnya, dapat memicu produksi lebih banyak melanin yang menghasilkan kulit lebih coklat atau hitam di daerah wajah, perut dan bagian tubuh lainnya.


3. Post-Inflammatory Hyperpigmentation atau PIH (pasca peradangan)

Selain kerusakan akibat paparan sinar matahari dan perubahan hormon, flek hitam juga bisa disebabkan oleh permasalahan kulit lain seperti jerawat inflamasi, atau luka yang dikenal sebagai post-inflammatory (pasca peradangan) yang merupakan 'peninggalan' dari jerawat yang menjadi flek kehitaman. Secara umum, ukuran atau banyaknya flek hitam akibat inflamasi atau bekas jerawat ini tergantung pada luka itu sendiri.


4. Okronosis Eksogen

Okronosis Eksogen merupakan bercak hitam akibat diskolorisasi atau perubahan warna pada jaringan ikat. Okronosis biasanya terjadi akibat paparan atau penggunaan zat/kandungan dalam suatu produk kosmetik yang mengandung phenol, trinitrophenol, resorcinol, mercury (merkuri), picric acidm benzene, dan hydeoquinone (hidrokinon). Faktanya, hidrokinon merupakan kandungan yang terdapat pada suatu produk kosmetik untuk mengatasi kondisi melasma. Sayangnya, bagi beberapa orang, kandungan ini malah menimbulkan kondisi baru yaitu okronosis eksogen. Telihat mirip seperti melasma, dalam bercak okronosis biasanya timbul bintik-bintik coklat pekat seperti biji kopi.


Treatment Menghilangkan Hiperpigementasi dan Bekas Jerawat PIH

Meski terlihat sepele, perawatan untuk menghilangkan hiperpigmentasi dibutuhkan usaha dan kesabaran ekstra. Apalagi jika flek coklatnya sudah terlanjur tebal dan lebar. Meskipun begitu, hiperpigmentasi ini dapat dicegah dan diatasi dengan beberapa cara, diantaranya :


Produk Skincare: Krim and Sunscreen

Untuk beberapa kasus yang masih tergolong ringan, penggunaan krim dengan kandungan yang tepat dan diawasi oleh seorang ahli secara rutin mampu meratakan kembali warna kulit. Selain itu, penggunaan sunblock atau suncreen menjadi sangat krusial dalam memproteksi kulit dari efek buruk sinar matahari. Terlebih, penggunaan sunscreen yang benar dan tepat mampu mencegah timbulnya flek coklat.

Tips: Selalu gunakan suncreen jika pergi keluar rumah, di dalam mobil ataupun di dalam rumah yang masih terpapar sinar matahari. Aplikasikan sunscreen kembali setelah 3 jam pemakaian, berkeringat, dan berenang.


Art Peel

Selain menggunakan produk skincare, modalitas fisik juga diperlukan untuk mengatasi hiperpigmentasi. Prosedur Art Peel atau peeling ini diaplikasikan di permukaan kulit wajah untuk membuang lapisan kulit atas, terutama sel-sel kulit mati. Tidak hanya dark spots, garis-garis halus (fine lines) pada wajah pun dapat tersamarkan.


Laser

Perawatan laser dapat mengatasi banyak permasalahan kulit, satu diantaranya adalah hiperpigmentasi. Studi membuktikan bahwa laser merupakan modalitas fisik yang mampu mengatasi pigmentasi seperti melasma dan bekas jerawat hitam. Memanfaatkan teknologi canggih dan pengawasan dari dokter, laser menjadi pilihan efektif dalam menghilangkan sunspots maupun dark spots, melasma, bahkan okronosis tanpa luka dan meninggalkan bekas.


Micro-Needle

Micro-needle atau yang lebih dikenal dengan microneedling merupakan perawatan yang melibatkan penusukan kulit dengan jarum steril kecil untuk membuat luka mikroskopis. Tujuan dari proses ini adalah mendorong respons penyembuhan luka pada kulit Anda. Dengan serum khusus, microneedling dapat mencerahkan kulit hingga menyamarkan flek hitam.

Skin Booster

Skin booster adalah pilihan efektif lainnya dalam mengatasi hiperpigmentasi. Melibatkan sebuah injeksi, skin booster merupakan treatment suntik vitamin khusus untuk mencerahkan area wajah. Menggunakan vitamin spesial, skin booster mampu menyamarkan noda-noda hitam yang tak diinginkan sehingga kulit terlihat cerah, sehat dan awet muda.


Perawatan Apa yang Tepat untuk Saya?

Agar mengetahui treatment atau terapi yang tepat, pemeriksaan langsung oleh dokter terpercaya sangat dianjurkan. Karena bentuk hiperpigmentasi melasma dan okronosis hampir terlihat sama, maka dari itu diperlukan diagnosis dari seorang ahli untuk menentukan treatment yang sesuai. Konsultasikan permasalahan kulit Anda, dokter kami dengan senang hati akan memberikan solusi terbaik.