5 Cara Menghaluskan Tekstur Kulit Wajah

Meski banyak yang bilang normal, timbulnya tekstur pada kulit bisa menandakan kulit kamu butuh perhatian lebih, lho!

Menurut definisi, tekstur kulit adalah kondisi permukaan kulit kita. Kulit kasar, bruntusan komedo atau jerawat, bopeng, dan pori-pori besar merupakan salah satu tekstur kulit yang menjadi gangguan pada penampilan. Terlebih, beberapa tekstur kulit tersebut bisa terlihat mencolok dan terasa tidak menyenangkan ketika ditimpa dengan make-up.


Idealnya, kulit sehat bisa dilihat dari penampilan dan juga kualitas kulit. Mulai dari kulit yang terasa halus lembut, warna yang cerah, sampai dengan terasa kenyal. Walaupun banyak yang bilang memiliki tekstur kulit "kasar" merupakan hal wajar, tidak ada salahnya untuk memperbaikinya, bukan?


Inilah 5 cara menghaluskan tekstur kulit kasar menurut dokter kulit :


1. Perbanyak minum air putih

Terlihat sederhana, faktanya masih banyak orang yang masih menyepelekan pentingnya air putih atau mineral untuk kesehatan tubuh dan kulit. Memperbaiki tekstur kulit bisa jadi sangat mudah, semudah mempertahankan hidrasi karena kelembapan membantu kulit terasa halus dan sehat. Selain itu, kulit yang terhidrasi dengan baik akan mengurangi tampilan kusam dan juga mencegah kulit menjadi kering. Bersamaan dengan air mineral, cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan yang kayakakan vitamin baik untuk kulit.


2. Eksfoliasi kulit


Terdapat banyak faktor yang menyebabkan kulit terasa kasar, kusam, dan bertekstur. Salah satu diantaranya adalah menumpuknya sel kulit mati dan kotoran di permukaan kulit. Atas permasalahan ini, eksfoliasi menjadi solusi untuk menghancurkan kotoran tersebut. Baik dilakukan secara mandiri di rumah ataupun pergi ke klinik kulit terdekat, eksfoliasi yang sesuai akan membantu kulit terlihat lebih bersih dan sehat.


Di IORA Clinic, eksfoliasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk art peeling, menggunakan cairan khusus dan bubble glow, yang memanfaatkan alat dan juga gel khusus. Kedua cara eksfoliasi ini bisa didapatkan secara cepat dan aman tanpa pengelupasan.


3. Ekstrasi / facial komedo

Selain eksfoliasi yang berfungsi untuk menghancurkan sel kulit mati dan meratakan warna kulit, perawatan ekstrasi perlu dilakukan guna mengeluarkan whitehead ataupun blackhead yang ada di permukaan kulit. Dengan ekstrasi atau facial, maka tidak akan ada lagi benjolan atau bruntusan yang membuat tekstur kulit terlihat kasar.


Dengan pengawasan ahli seperti dokter kulit, ekstrasi aman dilakukan. Selain meratakan tekstur kulit, mengekstrasi komedo juga menjadi salah satu cara untuk mencegah timbulnya peradangan jerawat.


4. Rajin melakukan rutinitas skincare

Salah satu cara menjaga tekstur kulit agar tetap halus dan bersih adalah rajin melakukan rutinitas skincare dengan teratur. Pasalnya, mencuci dan membersihkan wajah dengan facial wash dan toner membantu merontokkan kotoran atau sisa-sisa residu riasan yang tertinggal di perlukaan kulit. Lalu, penggunaan serum dan krim dapat membantu menghidrasi kulit dan juga meningkatkan kualitas kulit.


Selain facial wash, toner, serum, dan krim, jangan lupa gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa menimbulkan kerusakan seperti garis halus dan kerutan.


5. Melakukan perawatan laser

Ketika perawatan basic tidak cukup untuk membuat tekstur kulit halus, perawatan laser dengan peralatan canggih akan membantu. Jika kamu pergi ke klinik kulit, kamu bisa mendapatkan berbagai macam jenis laser yang membantu permasalahan kulit seperti bopeng, pori-pori besar, hiperpigmentasi seperti freckles atau bekas jerawat, dan juga tanda-tanda penuaan kulit.


Atas rekomendasi dokter dan dosis yang tepat, perawatan laser bisa jadi opsi perawatan yang kamu butuhkan. Di IORA Clinic, kami menawarkan berbagai jenis laser yang mampu meningkatkan kualitas kulit. Mulai dari laser spot, laser 4D, sampai dengan pico prime, perawatan laser IORA bisa menjawab segala butuhan kulit kamu.



Jika kamu menemukan kesulitan untuk menghaluskan tekstur kulit, datang dan konsultasikan permasalahan kulitmu dengan dokter profesional kami.