5 Manfaat dan Panduan Menggunakan Eye Cream


Seseorang yang sangat senang melakukan rutinitas skincare pasti tidak akan melewatkan penggunaan eye cream. Selain memberikan efek calming, penggunaan krim mata sangat diperlukan karena kulit daerah mata cenderung berbeda dengan kulit area wajah lainnya.


Banyak orang mungkin merasa sudah cukup hanya dengan menggunakan moisturizer, padahal kulit sekitar mata membutuhkan perawatan khusus agar tetap terlihat terbaik. Terlebih, krim mata biasanya diformulasikan khusus dengan ingredient yang lebih halus dan aman digunakan dekat mata.


Cari tahu manfaat dari eye cream, yuk!


#1. Melindungi kulit tipis area mata

Lapisan kulit bawah mata ternyata lebih tipis dan rentan terhadap iritasi daripada bagian wajah lainnya. Dibuat dengan bahan-bahan khusus, penggunaan eye cream bisa menambah proteksi pada area mata daripada menggunakan krim malam biasa.


#2. Mencegah dan memperlambat tanda penuaan

Kulit kusam, tampak lelah, dan munculnya garis halus terjadi karena berbagai faktor, tetapi dua penyebab utamanya adalah dehidrasi dan polusi. Dikemas dengan antioksidan dan bahan-bahan yang memberi kelembapan ekstra, eye cream sedikit banyak membantu memperlambat timbulnya tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.


#3. Menyegarkan tampilan mata lelah

Diracik oleh dokter ahli, krim mata IORA mengandung bahan yang menenangkan sekaligus "bergizi" untuk memenuhi kebutuhan kulit area bawah mata yang tampak lelah. Eye cream biasanya memiliki tekstur lembut, ringan, dan tidak berminyak, menyesuaikan kulit mata yang rentan.


#4. Meratakan warna kulit

Seseorang yang sering tidur larut malam cenderung memiliki lingkaran hitam bawah mata (dark circles). Salah satu manfaat dari penggunaan eye cream adalah meratakan warna kulit atau menyamarkan dark circles karena terkandung nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan kulit tipis bawah mata.


#5. Memberikan hidrasi lebih

Kulit di sekitar mata biasanya sangat tipis, sehingga membutuhkan jenis hidrasi tertentu. Inilah mengapa krim mata secara khusus dibuat untuk bekerja secara fokus pada area mata. Krim perawatan mata yang baik akan memiliki proporsi bahan yang tepat, tidak membuat iritasi pada kulit, sekaligus memberikan hidrasi yang intens.


Cara Mengaplikasikan Eye Cream

Memasukkan krim mata ke dalam rutinitas perawatan kulit bisa dikatakan cukup mudah, yang harus dilakukan adalah:

  • Cuci muka dengan face wash

  • Bersihkan wajah dengan toner

  • Pijat lembut wajah dengan beberapa tetes serum

  • Aplikasikan eye cream sedikit demi sedikit di area bawah mata menggunakan jari dengan lembut dan perlahan

  • Akhiri dengan moisturizer

Dalam pemakaian skincare, pastikan mengaplikasikan dari produk yang bertekstur ringan/cair hingga ke tekstur yang lebih berat.


Apakah menggunakan eye cream sangat penting?

Setiap orang pastinya memiliki tujuan dan pencapaian yang berbeda dalam penampilan kulit, meski begitu krim mata bisa jadi bagian penting dari rutinitas skincare yang membantu melembapkan kulit mata dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.


Setelah mengetahui semua manfaatnya, apakah kamu tertarik memasukan eye cream dalam rutinitas skincare kamu?