5 Penyebab Bibir Hitam dan Solusi Mencerahkannya


Tidak hanya kering dan pecah-pecah, perubahan warna kulit juga bisa terjadi pada bibir. Warna bibir hitam seringkali membuat wajah tampak pucat sehingga menurunkan rasa percaya diri seseorang. Terlepas dari penyebab yang berhubungan dengan kondisi kronis tubuh, ada 5 penyebab bibir hitam yang mungkin kamu abaikan. Simak yuk!


Apa penyebab bibir hitam?

Semua manusia terlahir dengan beragam keunikan, termasuk bentuk, ukuran, serta warna bibir. Warna bibir gelap seseorang mungkin saja bawaan dari lahir, sedangkan sebagian orang lainnya mendapatkan bibir gelap karena beberapa penyebab, termasuk 5 penyebab bibir hitam ini, di antaranya:


1. Genetik

Yup, salah satu alasan warna bibir hitam adalah turun temurun dalam keluarga. Secara umum, warna bibir berhubungan dengan zat pewarna tubuh alami yang disebut dengan pigmen melanin. Karenanya, seseorang dengan kadar pigmen melanin tinggi akan cenderung memiliki kulit lebih gelap, termasuk kulit bibirnya.


2. Paparan Sinar Matahari

Berdampak pada kulit seluruh area tubuh, paparan sinar matahari berlebih juga bisa memberikan efek buruk pada bibir, seperti menghitamnya warna kulit bibir, kering, sampai dengan pecah-pecah. Hal ini dikarenakan sinar matahari dapat memicu produksi melanin dan menyebabkan sunburn. Menghindari kondisi ini, dokter menyarankan untuk mengaplikasikan sunblock pada seluruh area yang terkspos matahari, termasuk area mulut dan bibir.


3. Pengaruh Obat Tertentu

Kalau warna bibir tiba-tiba menjadi lebih gelap atau hitam, salah satu cara yang bisa diperhatikan adalah obat yang dikonsumsi. Pil KB, beberapa antibiotik, dan pengobatan kemoterapi memungkinkan memicu terjadinya hiperpigmentasi dan juga perubahan hormon.


4. Kurangnya Vitamin dan Nutrisi

Jangan disepelekan, kurangnya vitamin serta nutrisi dalam tubuh bisa berpengaruh terhadap perubahan warna bibir yang menghitam. Ditambah gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok juga memicu penggelapan warna kulit bibir.


5. Alergi makeup

Banyak yang tak sadar bahwa alergi makeup, khususya lipstick bisa jadi memicu gelapnya warna bibir. Beberapa lip stick, lip cream, ataupun lip tint sangat memungkinkan mengandung ingredient alergen pada beberapa jenis kulit. Reaksi alergi bisa berbentuk rasa tidak nyaman seperti gatal dan sensasi panas serta perubahan warna kulit bibir yang menggelap.


Cara mencegah bibir hitam

Jika kamu ingin mengantisipasi bibir menggelap, ada beberapa cara mudah yang bisa diterapkan mulai saat ini juga.

  • Perhatikan kandungan lip balm yang ada, pastikan memakai pelembap bibir yang mengandung SPF pada siang hari.

  • Pilihlah pelembap tanpa rasa, warna, dan pewangi.

  • Perbanyak minum air agar bibir tetap lembap.

  • Hindari merokok.


Cara mengatasi bibir hitam

Berhubung penyebab bibir hitam ada berbagai macam, maka perawatan untuk mengatasi bibir hitam pun bervariasi. Kalau kamu mengalami warna bibir gelap membandel, sudah saatnya mendapatkan perawatan lanjutan dengan dokter ahli kulit. IORA Clinic menyediakan beberapa pilihan perawatan, termasuk:

  • Laser Lips Rejuvenation

Memanfaatkan teknologi laser, lip rejuvenation bertujuan untuk meregenerasi sel kulit bibir, menstimulasi kolagen, sehingga kualitas bibir meningkat dan membaik. Laser khusus lip rejuvenation dirancang untuk membantu mengatasi kulit bibir kering atau pecah-pecah dan juga mengalami perubahan warna yang menghitam. Pengulangan perawatan mungkin dibutuhkan sesuai dengan hasil yang ingin dicapai.

  • Lips Filler

Tidak hanya untuk menambah volume bibir, filler bibir merupakan salah satu perawatan efektif untuk meningkatkan kualitas bibir. Memanfaatkan hyaluronic acid, filler bibir mampu mengatasi beberapa kondisi bibir, termasuk bibir kering pecah-pecah, warna menggelap, sampai dengan bentuk bibir yang tidak seimbang. Berbeda dengan laser yang memerlukan pengulangan, hasil perawatan filler bibir bisa langsung dilihat dan dirasakan. Begitu prosedur selesai, bibir akan terlihat membaik; warna merah sehat dan juga kenyal.



Nah, itu dia 5 penyebab bibir hitam, cara mencegah bibir hitam, serta cara mengatasi bibir hitam yang harus kamu ketahui. Berhadapan dengan warna bibir hitam membandel? percayakan IORA Clinic untuk mengatasinya!