Bolehkah Memakai Makeup Ketika Berjerawat?

Memakai makeup ketika sedang mengalami jerawat memang sangat dilematis, antara harus memenuhi kebutuhan namun tidak ingin memperparah peradangan jerawat. Sebenarnya, bolehkah memakai riasan wajah ketika berjerawat?

Pada dasarnya, jika sedang mengalami peradangan jerawat, memakai riasan wajah tidak direkomendasikan karena produk makeup cenderung berpotensi menyumbat pori-pori, yang bisa memperlambat proses penyembuhan atau memperparah jerawat. Untuk beberapa orang, produk makeup bahkan dapat memunculkan jerawat baru yang biasa dikenal dengan istilah acne cosmetica, yaitu jerawat yang dipicu oleh pemakaian riasan wajah.


Bagaimanapun, memakai riasan wajah sudah seperti kewajiban bagi sebagian orang. Bisa jadi karena pekerjaan, ataupun karena beberapa kondisi. Jadi, bisakah memakai makeup pada kulit berjerawat? Jawabannya adalah bisa. Tetapi, Anda harus memilih produk riasan wajah dengan hati-hati dan juga usaha ekstra untuk meminimalisir pertumbuhan jerawat.


Berikut adalah tips untuk Anda yang perlu memakai makeup ketika sedang berjerawat:


  • Pilih dengan cermat dan perhatikan produk makeup yang akan digunakan. Anda pasti berkeinginan untuk memakai produk kosmetik yang tidak menimbulkan jerawat baru. Maka dari itu, strategi terbaik adalah membaca semua label pada produk kosmetik Anda. Teruntuk Anda yang memiliki kulit acne-prone, pastikan Anda memilih produk yang bebas minyak (oil-free), tidak menyumbat pori-pori, atau non-komedogenik (non-comedogenic).

  • Cuci muka dua kali sehari dengan pembersih ringan, ataupun setelah menyelesaikan aktivitas yang membuat Anda berkeringat. Para ahli menyarankan agar Anda mencuci muka saat bangun tidur dan juga sebelum tidur. Tidak lupa untuk memakai produk yang bebas minyak dan non-komedogenik.

  • Hapus riasan wajah, termasuk riasan mata, sebelum tidur. Gunakan makeup remover pertama seperti memakai milk atau oil cleanser untuk meluruhkan riasan wajah. Setelah menghapus riasan, langkah kedua adalah cuci muka dengan sabun cuci muka yang lembut. Ingat, hindari menggosok wajah Anda, bahkan saat melakukan first cleansing.

  • Bersihkan kuas makeup setiap minggu dan pastikan hanya Anda yang menggunakannya. Meskipun jerawat tidak menular, bakteri penyebab jerawat, sel kulit mati, dan minyak dari kulit orang lain dapat menempel pada kosmetik, kuas rias, dan aplikator yang Anda pakai. Jadi, sangat penting untuk memastikan kebersihan alat makeup Anda dan pastikan hanya Anda yang menggunakannya.

  • Periksakan dan obati jerawat Anda. Biasanya, acne cosmetica akan hilang ketika Anda berhenti menggunakan produk kosmetik yang menyumbat pori-pori. Namun, jika jerawat masih terus tumbuh dan semakin parah, periksakan kondisi kulit Anda ke dokter kulit terdekat.


Karena memakai riasan sudah menjadi gaya hidup yang tidak bisa dipisahkan, ada baiknya Anda tetap memperhatikan hal-hal kecil seperti membaca kembali kandungan yang ada dan juga membersihkan peralatan makeup secara rutin. Jika jerawat yang Anda alami masih terus menerus timbul, sudah saatnya Anda pergi menemui dokter ahli.