Cara Menghilangkan Bulu Ketiak


Memiliki rambut atau bulu ketiak adalah hal yang normal. Keberadaan rambut di ketiak membantu menyaring hingga menjauhkan bakteri jahat pada kulit. Meski begitu, kulit ketiak bersih, halus, tanpa bulu tampaknya jadi salah satu keinginan para wanita. Pasalnya, memiliki ketiak yang mulus mampu meningkatkan level kepercayaan diri untuk memakai busana tanpa lengan.


Tahukah kamu..

Rambut atau bulu ketiak biasanya tumbuh sedari masa pubertas. Memasuki usia pubertas (10-12 tahun untuk wanita dan 11-14 tahun untuk pria), kelenjar pituitari yang ada pada tubuh akan memicu sekelompok hormon yang bernama androgen di ovarium dan testis. Hormon seks inilah yang menyebabkan kelenjar keringat apokrin mulai berfungsi. Kelenjar keringat apokrin merupakan hormon yang berhubungan dengan folikel rambut di daerah kemaluan dan juga ketiak. Seiring berjalannya waktu, banyak orang, terutama wanita merasa tidak nyaman memiliki bulu ketiak karena beberapa alasan. Dari keresahan ini, macam-macam cara menghilangkan bulu ketiak pun muncul, di antaranya:


1. Mencukur

Mencukur jadi pilihan praktis untuk menghilangkan rambut tubuh, termasuk area bikini karena dapat dengan mudah dilakukan di rumah. Meski terlihat mudah, penggunaan krim cukur yang tepat harus dilakukan untuk meminimalkan risiko luka akibat pisau cukur.


Kelemahan dari metode ini adalah risiko rambut tumbuh ke dalam, iritasi pasca bercukur, tekstur kulit kasar, sampai dengan warna kulit yang menggelap. Hal ini bisa disebabkan oleh ketidaktahuan individu bagaimana cara mencukur yang baik dan lembut serta kurang memperhatikan kebersihan dari alat yang dipakai. Selain itu, kelemahan dari metode ini adalah cepatnya pertumbuhan rambu yang biasanya hanya memakan waktu 2/3 hari.


2. Mencabut

Mencabut bulu ketiak dikenal juga sebagai tweezing, merupakan metode menghilangkan bulu menggunakan alat pinset. Berbeda dengan mencukur yang mampu memotong rambut di permukaan kulit, mencabut dengan pinset bisa mengangkat bulu dari akar. Terasa sedikit lebih sakit, metode pencabutan disarankan se-arah dengan pertumbuhan bulu agar meminimalisir iritasi pada folikel rambut. Metode mencabut bulu dengan pinset dianggap efektif dan mudah karena bisa dilakukan sendiri di rumah, meski begitu, rambut akan tumbuh kembali dalam beberapa hari.


3. Threading

Threading menjadi metode selanjutnya untuk menghilangkan bulu ketiak. Memanfaatkan benang, threading biasanya dilakukan di salon dengan tenaga ahli karena dibutuhkan keterampilan khusus demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa orang memilih metode threading karena mampu menahan pertumbuhan rambut ketiak dalam beberapa hari, bahkan beberapa minggu.


Kelemahan metode threading terletak pada rasa sakit yang lebih terasa selama proses pengerjaan. Beberapa orang juga mungkin mengalami iritasi kulit setelah melakukan metode ini.


4. Waxing

Metode selanjutnya adalah waxing, salah satu cara paling umum untuk menghilangkan rambut. Waxing dapat dilakukan di rumah dengan kit waxing yang dijual bebas ataupun di salon dengan bantuan ahli. Metode waxing melibatkan penerapan lilin panas ke kulit yang dioleskan pada rambut, lalu kertas khusus yang menutup kulit akan ditarik, sehingga rambut tercabut sampai ke akar.


Merontokkan rambut ketiak dengan metode waxing mampu menjangkau area yang lebih luas dan banyak daripada metode pencabutan dengan pinset. Terlebih, jeda pertumbuhan rambut bisa sampai beberapa minggu lamanya.

Meski begitu, salah satu alasan banyak orang ragu melakukan waxing adalah rasa sakit selama prosesnya yang terkadang membuat sedikit luka atau iritasi pada kulit.


5. Laser


Laser adalah metode terobosan dalam menghilangkan bulu/rambut tubuh yang tidak diinginkan. Menggunakan teknologi berbasis cahaya khusus, metode ini bertujuan untuk membuat pertumbuhan rambut menjadi lebih halus, tipis, bahkan menghilang secara permanen. Metode laser terbukti menjadi metode paling efektif yang mampu merontokkan bulu dengan minimal rasa sakit.

Keunggulan dari metode laser adalah menggunakan alat canggih dengan pengawasan langsung oleh seorang profesional. Untuk menghilangkan rambut/bulu secara permanen, pengulangan perawatan beberapa kali dalam waktu tertentu sangat dibutuhkan.


Di IORA Clinic, perawatan laser hair removal akan dikerjakan langsung oleh dokter kulit. Setelah melakukan konsultasi, dokter dengan segera memberikan rekomendasi perawatan yang tepat untuk menghilangkan bulu/rambut yang tidak diinginkan.



Laser Nd:Yag untuk menghilangkan bulu

IORA Clinic memiliki berbagai macam perawatan laser untuk beberapa permasalahan kulit. Laser Nd:Yag menjadi salah satu alat canggih yang mampu merontokkan rambut yang tidak diinginkan dengan aman, efektif, tanpa merusak jaringan kulit yang ada di sekitarnya. Gelombang energi yang dikeluarkan laser Nd:Yag mampu meresap ke dalam kulit, menargetkan sekaligus menghancurkan sel yang berhubungan dengan folikel rambut sehingga pertumbuhan rambut/bulu menjadi lebih lama.




Jika kamu bosan dengan metode menghilangkan bulu di rumah dan ingin menghilangkan bulu ketiak secara profesional dan permanen, jangan ragu untuk datang dan konsultasikan perawatan apa yang tepat dengan dokter ahli kami ya!