Cara Mudah Merawat Rambut Sehat


Rambut indah, sehat berkilau, dan mudah diatur sudah pasti membuat hari kita menyenangkan, karena faktanya, rambut merupakan aksesoris penampilan yang memiliki peran krusial. Tidak hanya sedekar menggunakan shampoo, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjaga rambut tetap sehat.


Berikut adalah tips mudah dalam merawat rambut tetap sehat dan indah, di antaranya:


#1. Menjaga kesehatan kulit kepala

Hal yang paling penting dan utama dalam merawat rambut tetap sehat adalah menjaga kesehatan kulit kepala. Hal ini dikarenakan kesehatan kulit kepala menentukan kesehatan rambut Anda. Menurut ahli kulit, kulit kepala sehat biasanya bebas mengalami rasa gatal, kemerahan, dan jerawat. Jadi, jika kulit kepala Anda mengalami peradangan, ada kemungkinan Anda akan mengalami kerontokan rambut.


Untuk menjaga kulit kepala tetap sehat, Anda bisa memilih shampoo yang sesuai jenis kulit kepala, batasi paparan sinar matahari dengan menggunakan pelindung seperti topi atau scarf, dan menerapkan pola hidup sehat.



#2. Gunakan shampoo yang sesuai

Sama seperti produk yang diaplikasikan ke wajah, produk perawatan rambut juga perlu disesuaikan dengan kondisi rambut dan juga kulit kepala Anda. Jika Anda sedang mengalami ketombe, rambut kering atau berminyak, sebaiknya Anda menggunakan shampoo yang fokus pada permasalahan tersebut. Selain itu, pastikan Anda memilih shampoo chemical free agar tidak mengalami iritasi seiring berjalannya waktu.


Perlu diperhatikan, dalam membilas rambut, pastikan Anda tidak menggunakan air yang terlalu panas karena dapat menghilangkan minyak alami rambut, yang berdampak pada rambut menjadi kasar dan kering.



#3. Keramas dengan teratur

Mencuci rambut dengan shampoo yang sesuai secara teratur bisa membuat kulit kepala dan rambut bebas dari kotoran dan minyak berlebih. Namun, frekuensi cuci rambut yang tepat tergantung pada jenis rambut dan preferensi pribadi. Jika memiliki rambut yang sangat kering, Anda bisa membatasi keramas menjadi 2-3 hari sekali. Sebaliknya, jika memiliki kulit kepala berminyak, keramas sehari sekali mungkin diperlukan.



#4. Melakukan perawatan sehabis keramas

source image: Shutterstock

Untuk menjaga kelembapan rambut, melakukan perawatan sehabis keramas seperti memakai conditioner, hair mask, dan serum menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Rutinitas ini membantu memperbaiki tampilan rambut rusak atau kusam dengan meningkatkan kilau, menguatkan rambut serta melindungi rambut dari sinar UV yang berbahaya. Apalagi jika sedang mengalami rambut kering atau rontok, menggunakan serum dengan kandungan yang tepat mampu menangani masalah tertentu.



#5. Batasi penggunaan alat panas

Hair styling menggunakan hairdryer ataupun catokan memang membuat rambut terlihat cantik. Namun, sering menggunakan alat panas bisa memberikan efek buruk pada rambut Anda. Untuk memastikan rambut sehat, gunakanlah pengaturan rendah atau sedang untuk catokan atau hairdryer Anda dan jangan lupa gunakan serum atau semprotan pelindung panas sebelum Anda mulai mengeriting, meluruskan, dan mengeringkan rambut.



Selain mengikuti beberapa langkah mudah yang sudah dituliskan di atas, melakukan suntik vitamin untuk rambut juga mampu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Jika Anda mengalami permasalahan serius seperti kulit kepala terasa gatal, perih, ataupun rambut rontok yang berkepanjangan, Anda bisa langsung mengunjungi dokter kulit terdekat untuk mendapatkan pertolongan.



Baca juga: Penyebab Tumbuhnya Ketombe di Kulit Kepala