Kenali Penuaan Kulit Tangan dan Cara Mengatasinya


Sebuah pepatah mengatakan bahwa umur seseorang bisa dilihat dari penampilan kulit tangannya. Benarkah? Faktanya, kulit tangan menjadi salah satu area tubuh pertama yang menunjukkan penuaan. Meski begitu, banyak orang mengabaikan penampilan tangan karena terlalu fokus pada wajah ataupun leher. Padahal, tangan merupakan anggota tubuh yang selalu dipakai dalam keseharian yang juga sering terpapar oleh banyak hal. Penuaan kulit pada punggung tangan biasanya ditandai dengan hilangnya volume, keriput, kasar, sampai dengan timbulnya bintik coklat. Berikut merupakan tanda penuaan kulit tangan yang sering terabaikan :


#1. Munculnya sun spot, kulit kasar dan kering

Lagi lagi matahari, jika kamu memiliki kulit putih dan sering menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari tanpa mengaplikasikan sunblock, kamu mungkin akan mengalami bintik-bintik coklat (sun spot), kulit kasar, kering dan juga kusam.

Sinar UVA & UVB matahari yang berlebih bisa jadi berbahaya bagi kulit. Meskipun menggunakan sunscreen pada wajah dan leher sudah menjadi kewajiban, banyak orang kerap kali melewatkan tangan sehingga mendorong timbulnya bintik-bintik penuaan di tangan, kulit kasar, dan juga kusam. Sebagai pencegahan, pastikan oleskan sunblock pada tangan, terutama jika kamu memiliki kegiatan di luar ruangan dan juga menyetir.



#2. Terlihatnya kerutan

Selain akibat dari terpapar sinar matahari berlebih, datangnya kerutan tidak bisa dihindari selama proses penuaan alami. Bertambahnya umur, kulit tangan akan kehilangan lemak dan elastisitasnya yang membuat kulit lebih transparan dan menimbulkan kerutan. Dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, kulit tangan sangat rentan terhadap kerutan karena lebih tipis dan juga rapuh.


Menggunakan hand-crean anti penuaan dan diet seimbang bisa jadi tindakan pencegahan sederhana dan efektif yang bisa dilakukan untuk memperlambat proses penuaan.


#3. Terbentuknya bony hand (hilangnya volum)

Masih karena proses penuaan alami, kadar kolagen dan elastin seseorang akan menurun (terutama setelah menopause di mana terjadi penurunan estrogen). Hilangnya lemak dan elastisitas inilah yang akhirnya membuat tampilan kulit kendur pada punggung tangan. Selain itu, kondisi bony hand ini membuat vena (urat) menjadi lebih terlihat dan menonjol, memperlihatkan tampilan tangan kurus serta terkesan tua.


Cara mengatasi penuaan kulit tangan

Sama seperti kulit area lain, penuaan kulit tangan bisa dicegah dan diperlambat dengan beberapa perawatan, di antaranya:

  • Menggunakan hand cream setelah mencuci tangan ataupun mandi. Cara ini mampu menjaga kelembapan kulit tangan, sehingga tangan terhidrasi dengan baik.

  • Chemical peeling direkomendasikan untuk menjaga kualitas kulit tangan. Selain itu, melakukan peeling pada tangan baik untuk menyamarkan bintik sun spot serta menyegarkan kulit. Chemical peeling umumnya dioleskan secara topikal yang mampu merevitalisasi permukaan kulit.

  • Laser treatment, menjadi opsi untuk mengencangkan kulit. Menggunakan teknologi canggih, laser dirancang untuk memanaskan kolagen di bawah permukaan kulit, sehingga kulit terangkat dan menjadi kencang. Perawatan ini juga merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak kolagen dan elastin, yang mengarah ke pengencangan kulit jangka panjang.

  • Injeksi hyaluronic acid/filler treatment direkomendasikan bagi kondisi tangan yang mulai kendur dan kosong (bony hand). Filler treatment bisa langsung bekerja menggantikan serta menambahkan volume yang hilang, sehingga mampu menutupi tulang dan juga vena yang menonjol di punggung tangan. Prosedur ini hanya membutuhkan beberapa menit, tanpa rasa sakit dan juga masa pemulihan.


perawatan filler tangan di IORA Clinic, Jakarta Selatan
Perawatan peremajaan kulit tangan dalam 1 sesi