Pentingnya Manfaat Hyaluronic Acid untuk Kesehatan Kulit


Hyaluronic acid adalah nama ingredient yang sudah tidak asing lagi dalam dunia skincare. Mulai dari sabun cuci muka, toner, serum, hingga moisturizer pun tak jarang mamanfaatkan kandungan ini. Sebenarnya, apa itu hyaluronic acid dan apa saja manfaat hyaluronic acid untuk kulit?


Dalam postingan kali ini, kami akan mengenalkan hyaluronic acid sekaligus manfaatnya untuk kulit.


Mengenal Hyaluronic Acid

Terkenal sebagai kandungan baik dalam skincare, faktanya, hyaluronic acid (HA) adalah komponen utama yang terdapat dalam tubuh kita secara natural. Hyaluronic acid atau asam hialuronat biasa ditemukan pada kulit, sendi, mata, jaringan dan organ lainnya. Seperti yang disebutkan banyak produk, fungsi utama hyaluronic acid adalah memberikan dan menjaga kelembapan, khususnya pada area-area yang telah disebutkan.


Kendati demikian, seiring dengan bertambahnya usia, volume HA dalam tubuh akan berkurang. Maka dari itu, kita membutuhkan perawatan lainnya demi menyeimbangkan dan memaksimalkan manfaat hyaluronic acid, terutama untuk kesehatan kulit.


Adapun manfaat hyaluronic acid untuk kesehatan kulit antara lain:


Menghidrasi Kulit

Banyak penelitian menyebutkan bahwa HA sangat melimpah dalam kulit kita. Karena memiliki kapasitas air tinggi, HA berkontribusi untuk menjaga ekstraseluler, mempermudah perpindahan nutrisi sekaligus ion. Selain itu, hyaluronic acid juga mampu mengatur hidrasi ketika kulit mengalami peradangan. Karenanya, hyaluronic acid menjadi pilihan efektif ketika kulit terasa kering ataupun untuk menjaga kelembapan.


Peran Antioksidan - Mempercepat Penyembuhan Luka

Dalam sebuah penelitian lainnya, hyaluronic acid dan fragmennya memberikan efek antioksidan yang terbukti menjadi agen efektif untuk penyembuhan luka pada kulit kita. Dengan cara memudahkan revitalisasi dalam pembentukan jaringan beserta elastisitas yang baik, HA juga mampu meningkatkan kepadatan mikrovaskular sekaligus. Hal ini menunjukkan bahwa HA memberikan hasil yang menjanjikan untuk perbaikan jaringan ikat. Maka dari itu, hyaluronic acid sangat bisa diaplikasikan untuk meminimalisir peradangan kulit.


Melawan Tanda-tanda Penuaan Kulit

Dijelaskan bahwa sekiranya ada sekitar 50% hyaluronic acid berada di dalam kulit. Selain proses penuaan, paparan sinar UV juga dapat menyebabkan pembentukan kerutan yang dikenal sebagai tanda penuaan kulit. Peran HA dalam permasalahan ini adalah mampu mengurangi keparahan kerutan secara signifikan serta mampu mengencangkan kulit dan elastisitasnya.


Mengisi Volume Kosong

Seiring bertambahnya usia, lemak, otot, tulang, dan kulit di wajah kita mulai berkurang juga menipis. Hilangnya volume ini menyebabkan penampilan wajah menjadi cekung atau kendur, garis-garis halus, kerutas, dan lipatan.

Tahukah kamu, tidak hanya perawatan topikal, hyaluronic acid juga bisa didapatkan dengan injeksi yang mampu mengurangi munculnya garis-garis halus atau kerutan, lipatan wajah, bahkan untuk menciptakan struktur, kerangka, dan juga mengisi volume yang kosong pada wajah. Terlebih, hasil injeksi hyaluronic acid ini dapat dilihat segera setelah treatment.



Nah, itulah pentingnya hyaluronic acid untuk kulit kita, tidak hanya melembapkan, ternyata HA juga memiliki peranan penting lainnya. Selain itu, penggunaannya pun tidak hanya sebatas pemakaian oral tetapi bisa juga melalui injeksi yang mampu memberikan hasil secara cepat. Meski begitu, perawatan injeksi hyaluronic acid hanya bisa dilakukan oleh dokter profesional saja ya! Jadi, jika Anda memiliki permasalahan kulit kering ataupun tanda-tanda penuaan kulit yang mengganggu penampilan, datang dan konsultasikan bersama dokter kami di IORA Clinic.