Saddle Nose - Pengertian, Penyebab dan Solusinya


Fitur pada wajah sesorang pasti memiliki karakter yang berbeda, termasuk bentuk juga ukurannya. Seperti hidung, terdapat banyak variasi bentuk dan ukuran di setiap individu. Terlebih, bentuk dan ukuran hidung ini berkaitan erat dengan etnik dan gen. Mulai dari jembatan dan punggung hidung yang tinggi, pendek, hingga ujung hidung yang besar ataupun kecil. Selain itu, pernahkah Anda melihat batang hidung seseorang terlihat bergelombang dan bertanya kenapa batang hidung bisa terlihat tidak lurus dan bergelombang?


Melalui artikel ini, pengertian saddle nose, penyebab saddle nose, dan solusi mengatasi saddle nose akan dibahas.


Saddle Nose Deformity

Saddle nose atau hidung pelana merupakan kondisi dimana batang hidung terlihat 'bergelombang'. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh hilangnya ketinggian pada batang hidung yang menyebabkan jembatan hidung terlihat tidak lurus, menjorok ke dalam dan bergelombang. Kondisi hidung pelana ini biasanya berkaitan erat dengan permasalahan pada cartilaginous (tulang rawan).


Penyebab Saddle Nose

Meski sudah disebutkan bahwa kondisi hidung pelana berkaitan dengan tulang rawan (cartilanginous ). Ada beberapa hal lainnya yang dapat menyebabkan saddle nose, diantaranya :

  1. Malformasi kongenital atau cacat lahir

  2. Cedera atau trauma pada hidung

  3. Paska operasi hidung

  4. Wegener's granulomatosis

  5. Sifilis kongenital

Perawatan Saddle Nose (Hidung Pelana)

Faktanya, ada beberapa pilihan untuk memperbaiki hidung bergelombang. Dibeberapa individu, masalah hidung 'bergelombang' tidak sampai atau memiliki dampak buruk pada fungsi hidung. Namun, secara estetika, kondisi ini terlihat kurang rapih dan menarik, apalagi kalau dilihat dari side profile atau samping.

Rhinoplasty atau 'nose job' merupakan istilah operasi yang berhubungan dengan mengubah bentuk hidung menjadi lebih ramping, tinggi, dan rapih sesuai dengan keinginan pasien melalui sebuah konsultasi dan kesepakatan.


Jika Anda memiliki permasalahan saddle nose atau hidung bergelombang tetapi tidak ingin melakukan operasi bedah, maka, non-surgical rhinoplasty hadir sebagai solusi efektif untuk Anda. Di IORA Clinic, dokter profesional dan handal kami mampu mengimprovisasi saddle nose tanpa luka dan dalam hitungan menit. Apa itu non-surgical atau non-bedah rhinoplasty?


Non-Surgical Rhinoplasty

Non-bedah rhinoplasty adalah prosedur kecantikan yang diketahui memanfaatkan dermal filler dalam pengerjaannya. Penggunaan filler sebagai prosedur non-bedah ini berfungsi untuk memperbaiki fitur wajah yang kurang atau yang membutuhkan 'peningkatan' dengan aman dan efektif. Terlebih lagi, dermal filler telah menjadi perawatan andalan untuk mengatasi lipatan nasolabial, dagu, bibir, daerah perioral, termasuk wajah tengah, dan hidung.


Tidak hanya untuk memperbaiki batang hidung bergelombang, filler hidung juga dapat mengimprovisasi beberapa kondisi seperti:

  • Untuk memperbaiki sudut nasolabial

  • Untuk mengoreksi fitur lebar, tinggi, dan kontur dorsum, termasuk area supra-tip

  • Untuk membentuk kembali sudut nasofrontal, posisi dan ketinggian radix (pangkal atas jembatan hidung)

  • Untuk menyeimbangkan fitur hidung dalam fitur wajah lainnya




Tidak asal mengisi filler, dalam pembentukan kembali fitur wajah, keterampilan skill dan teknik yang dimiliki oleh seorang dokter akan menghasilkan sebuah hasil yang berbeda. Jadi, pastikan Anda memilih dokter terpercaya dan konsultasikan keinginan ataupun kebutuhan Anda dengan baik.