Suntik Jerawat: Pertolongan Pertama Atasi Jerawat Membandel


Munculnya jerawat sering kali tidak bisa diprediksi, alias begitu tiba-tiba dan terkadang di waktu yang kurang tepat. Sekarang ini, berbagai metode bisa dilakukan untuk menangani serangan jerawat. Jika pergi mengunjungi dokter kulit, suntik jerawat bisa jadi salah satu opsi efektif yang cepat mengempeskan jerawat.


Apa itu suntik jerawat?

Suntik jerawat adalah sebuah prosedur melibatkan injeksi yang membantu mengempeskan jerawat dalam waktu singkat dan proses yang cepat. Memanfaatkan cairan khusus, yaitu anti peradangan, suntik jerawat direkomendasikan untuk jenis jerawat batu atau nodul yang biasanya meradang cukup dalam di dalam kulit, berukuran besar, dan terasa sakit.


Kelebihan suntik jerawat

Tidak bisa sembarangan, injeksi jerawat harus dilakukan oleh dokter karena membutuhkan dosis yang tepat dalam penanganannya. Selain itu, tidak semua jenis jerawat bisa mendapatkan perawatan ini karena suntik jerawat diterapkan hanya untuk jenis jerawat yang besar, membandel, serta meradang seperti jerawat kistik, batu, dan nodule dengan atau tanpa nanah.


Adapun keunggulan suntik jerawat dalam mengatasi jerawat adalah:

  • Mampu mengempeskan jerawat dalam 1-3 hari setelah prosedur

  • Mempercepat proses penyembuhan jerawat dengan efektif

  • Dapat menekan peradangan kulit

  • Mengurangi kadar kolagen berlebih sehingga mencegah bopeng (acne scars)


Proses suntik jerawat

Suntik jerawat bisa dilakukan ketika tanda-tanda jerawat inflamasi muncul, seperti benjolan berwarna merah yang terasa sakit. Berdasarkan AAD (American Academy of Dermatology), injeksi jerawat mampu meratakan benjolan atau lesi jerawat dalam waktu sehari sampai dengan tiga hari.


Dalam beberapa kasus, jerawat mungkin tidak sepenuhnya hilang, namun pembengkakan jerawat bisa mengecil, serta rasa sakit yang ditimbulkan berangsur-angsur berkurang. Menurut dokter Edwin Tanihaha, Sp.KK, "Apabila dalam 3-5 hari jerawat yang telah disuntik masih menonjol, pengulangan injeksi bisa dilakukan sampai akhirnya benjolan jerawat merata dan hilang".


Setelah diinjeksi, pasien akan diolesi krim antibiotik.


Apakah suntik jerawat aman?

Injeksi jerawat atau suntik jerawat aman dilakukan oleh dokter professional. Terlebih, suntik jerawat dipastikan lebih efektif dan lebih baik dalam mengatasi jerawat yang meradang di dalam kulit; efek suntik jerawat hanya bisa dirasakan atau fokus pada area yang ditargetkan. Dengan dosis yang sesuai, jerawat akan terlihat rata dalam 1-3 hari setelah prosedur.


Kalau acne spot gel atau krim yang ada di rumah tidak cukup untuk mengatasi jerawat, kamu bisa datang langsung ke dokter kulit terdekat untuk mendapatkan perawatan injeksi jerawat. Jangan tunggu lama, semakin meradang, jerawat cenderung meninggalkan bekas bopeng yang lebih sulit untuk diatasi. Konsultasikan permasalahan kulit kamu bersama kami di IORA Clinic, Jakarta Selatan.