Tips Kulit Sehat dan Glowing selama Berpuasa Menurut Dokter Kulit

Selama berpuasa, tubuh sudah pasti akan beradaptasi dengan perubahan pola makan dan juga beberapa aktivitas. Tidak hanya tubuh, berpuasa juga mempengaruhi kondisi kulit.

Saat berpuasa, kulit kita rentan mengalami dehidrasi karena berkurangnya cairan dalam tubuh lho, beauties. Bercak-bercak kulit kering, komedo, dan jerawat menjadi permasalahan yang sering muncul selama berpuasa. Itulah mengapa, penting untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan memperhatikan beberapa hal.


Simak beberapa tips menurut dokter kulit, yuk!


#1. Minum lebih banyak air putih ketika berbuka


Puasa berarti membatasi asupan makan dan juga air dari sebelum matahari terbit, hingga matahari terbenam. Hari yang panjang tanpa asupan air, ditambah paparan panas dan AC yang terus menerus dapat membuat kulit terasa kering. Dokter kulit menyarankan, ketika tiba waktunya berbuka, pastikan untuk minum cukup air minimal 2 liter hingga dimulainya waktu puasa kembali. Meminum banyak air bertujuan untuk mempertahankan kelembapan kulit dengan baik.


#2. Mengganti gorengan dan makanan manis menjadi buah dan sayur yang kaya serat serta antioksidan

Tidak bisa dipungkiri kalau gorengan, es buah atau campur, dan kolak menjadi menu andalan untuk berbuka puasa. Eits, tunggu dulu! Jika menginginkan kulit sehat dan glowing, ada baiknya kamu mulai mengganti menu-menu tersebut menjadi lebih sehat seperti buah ataupun sayur yang kaya akan antioksidan dan serat, seperti buah apel, pir, berry, sayur bayam, brokoli, ataupun kentang yang membantu menghambat proses penuaan kulit. Menghindari gorengan dan makanan manis akan membuat kulit kamu menjadi lebih halus dan terjaga elastisitasnya.


#3. Singkirkan minuman soda dan kafein

Setara dengan es buah campur dan juga kolak, minuman bersoda mengandung banyak gula yang tidak baik untuk tubuh. Ditambah, minuman berkafein bisa mencuri air yang ada di dalam tubuh, dan juga mengganggu kualitas tidur kamu, yang nantinya berisiko menimbulkan kekeringan pada kulit, kemedo atau jerawat. Untuk kulit yang lebih sehat dan segar, pastikan kamu menghindari minuman ini ya, beauties!


#4. Memiliki waktu cukup untuk beristirahat dan tidur

Tidak kalah penting, memiliki jam istirahat atau tidur yang cukup saat berpuasa bedampak besar pada kesehatan tubuh dan kulit. Pasalnya, ketika berpuasa, waktu istirahat sedikit terganggu dan dikurangi karena aktivitas sahur. Jika tidak bisa mengelola watu istirahat dengan baik, kulit akan terlihat kusam dan kelelahan. Terkait hal ini, dokter kulit menyarankan untuk tidur lebih awal agar kulit tetap sehat dan cerah.


#5. Mengaplikasikan pelembap

Selain memperhatikan dan memenuhi kebutuhan dalam tubuh, mengaplikasikan moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit sangat diperlukan. Baik beraktivitas di luar maupun di dalam ruangan, moisturizer membantu mengunci hidrasi kulit kamu. Pilihlah produk pelembap dengan kandungan yang baik dan sesuai dengan jenis kulit. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen sebagai pelindung kulit dari bahaya sinar matahari, ya, beauties!


Nah, itu dia 5 tips sederhana untuk mendapatkan kulit sehat dan glowing selama berpuasa. dr. Edwin Tanihaha, Sp.KK berpesan untuk mengonsumsi banyak makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak serat dan antioksidan. Batasi dan hindari makanan dengan indeks glikemik tinggi, (makanan cepat saji yang banyak mengandung gula) agar kita terhindari dari risiko kenaikan berat badan dan juga meningginya gula darah yang menyebabkan inflamasi dan jerawat.



Jika kamu mengalami permasalahan kulit selama bulan puasa, jangan ragu untuk berkonsultasi, baik secara online ataupun offline bersama dokter profesional kami di IORA Clinic.


Stay hydrated, stay healthy!