3 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Laser Wajah


Perawatan laser wajah bukanlah hal baru di dunia kecantikan. Malah, laser merupakan salah satu perawatan yang sering dicoba atau direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas kulit. Memanfaatkan energi cahaya, laser mampu menjangkau hingga lapisan dalam kulit, yang membantu menstimulasi kolagen.


Seiring berkembangnya jaman, perawatan laser memiliki banyak pilihan dengan banyak manfaat pula, salah satunya perawatan laser untuk bekas jerawat seperti post inflammatory hyperpigmentation (PIH) ataupun post inflammatory erythema (PIE), lalu ada laser untuk mengurangi minyak dan tampilan pori-pori besar, laser untuk mencerahkan kulit, sampai dengan merontokkan bulu yang tidak diinginkan.


Di IORA Clinic, perawatan laser ada yang membutuhkan waktu pemulihan (downtime) yang berarti dengan luka, ada pula yang tidak membutuhkan waktu pemulihan alias tanpa luka. Nah, kamu sudah pernah perawatan laser belum? Kalau belum dan ingin mencobanya, ada 3 hal yang dilakukan setelah perawatan laser, di antaranya:


1. Batasi Aktivitas Outdoor

Setelah melakukan perawatan laser yang meninggalkan luka ataupun tanpa luka, menghindari paparan sinar matahari berlebih dianjurkan. Selain rentan untuk sunburn, kulit pasca laser biasanya sedikit lebih sensitif untuk 1-2 hari. Dokter spesialis kulit dan kelamin di IORA Clinic, dr. Jessica Lie, Sp.KK menganjurkan pasien pasca laser untuk membatasi aktivitas outdoor seperti jogging, bersepeda, hiking, dan sunbathing ketika matahari sedang terik.


2. Jangan Ganggu Bekas Luka Laser

Sama seperti pengobatan lain, perawatan laser pun memiliki dosis yang sudah diatur atau ditentukan oleh dokter sesuai dengan keluhan pasien. Biasanya, perawatan laser khusus bekas jerawat bopeng (acne scars) akan menimbulkan luka dan masa penyembuhan mulai dari 5-7 hari, tergantung pada tingkat keparahan bekas jerawat. Luka yang ditimbulkan bisa bermanifestasi seperti kemerahan dan juga pengelupasan kulit. Jangan kaget, proses timbul luka tersebut merupakan hal wajar dan akan sembuh seperti semula dengan sendirinya. Jadi, jangan sampai kamu ganggu proses penyembuhannya dengan menggaruk, mengopek, atau mencabut pengelupasan kulitnya ya!


3. Olesi dengan Krim Anjuran Dokter

Yang terakhir dan yang paling penting, sehabis pasca laser, dokter ahli kulit akan memberikan atau merekomendasikan beberapa krim untuk dioleskan pada area kulit yang ditembaki laser. Di IORA Clinic, dokter biasanya merekomendasikan untuk memaai krim iritasi dan juga pelembap yang mampu menenangkan kulit pasca laser. Pemakaian krim ini berfungsi dalam mempercepat proses penyembuhan dan juga mencegah adanya peradangan. Selain pemakaian krim, dokter juga menganjurkan untuk memakai sunscreen dan reapply setiap 2-3 jam ketika pasien memiliki kegiatan luar ruangan pada pagi atau siang hari.



Nah, itu dia 3 hal yang perlu kamu ketahui sebelum dan sesudah perawatan laser. Apakah kamu berminat untuk melakukan laser wajah? Tak hanya efektif dalam mengatasi beberapa keluhan kulit, perawatan laser juga cepat dengan rasa sakit yang minim. Penasaran? Coba langsung di IORA Clinic ya!