8 Cara Mencegah Penuaan Dini pada Kulit


Para pecinta drama Korea pasti bertanya-tanya, mengapa artis/aktor berumur 30-an masih pantas memerankan karakter anak SMA/remaja. Jawabannya sudah jelas, selain kemampuan akting, penampilan kulit wajah mereka juga menjadi faktor utama. Penampilan kulit wajah yang cerah, terhidrasi, tanpa warna belang ataupun kerutan sering kali didefinisikan sebagai kulit sehat dan awet muda.


Kamu penasaran gak sih, bagaimana caranya penampilan kulit kita tetap sehat dan awet muda tanpa kerutan? Simak sampai habis ya!


Penuaan Dini pada Kulit

Dengan berjalannya waktu, perlahan-lahan kulit akan memunculkan garis halus dan kerutan. Selain itu, kulit juga menjadi lebih tipis, kasar dan juga kering. Hal-hal seperti ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari faktor luar (ekstrinsik) maupun faktor dari dalam (intrinsik), seperti proses penuaan alami yang didasari oleh gen.


Meski tidak bisa mengendalikan gen, setidaknya kita masih bisa mengatur faktor luar yang mempengaruhi proses premature aging atau penuaan dini pada kulit. Mudah dilakukan, mencegah penuaan kulit bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti kebiasaan dan juga diet. Jangan anggap sepele, dengan mengubah beberapa tindakan pencegahan, penuaan kulit dapat diperlambat. Simak 8 cara mencegah penuaan dini pada kulit :


1. Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Sinar ultraviolet dari matahari, masih menjadi penyebab signifikan terhadap beberapa kondisi kulit, termasuk penuaan dini. Entah kamu menghabiskan waktu di pantai atau mengendarai mobil, melindungi kulit dari paparan sinar matahari sangatlah penting. Cara sederhana yang bisa kamu lakukan adalah mencari tempat teduh, menutupi kulit dengan pakaian lengan atau celana panjang, topi, dan kacamata hitam. Selain itu, kamu juga perlu mendapatkan perlindungan lainnya dengan menggunakan sunscreen minimal SPF 30++. Jangan asal, kamu harus mengoleskan tabir surya ke semua area kulit yang tidak tertutup pakaian, seperti wajah, leher, dan lengan. Jangan lupa aplikasikan kembali setelah 2-3 jam ya!


2. Berhenti merokok

Tidak hanya bahaya untuk kesehatan organ dalam, merokok juga berpengaruh besar pada kondisi kulit, tak terkecuali mempercepat proses penuaan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa efek jangka panjang dari rokok bisa membuat kulit menjadi kering, pigmentasi kulit tidak merata, mengendurnya kulit daerah mata dan garis rahang kendur, sampai dengan menyebabkan kerutan wajah semakin parah.


3. Meminimalisir ekspresi wajah

Hal yang paling kita tidak sadari adalah mengulang ekspresi wajah di beberapa situasi, seperi berpikir, kaget, marah, dan tersenyum. Tahukah kamu, ketika kita membuat ekspresi wajah, otot-otot di bawah kulit kita akan berkontraksi. Jadi, jika kita membuat ekspresi berulang kali, otot-otot berkontraksi juga selama bertahun-tahun. Hal inilah yang menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kerutan pada dahi, mulut, sampai dengan samping mata.


4. Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang

Temuan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi banyak buah dan sayuran segar dapat bantu mencegah kerusakan yang menyebabkan penuaan kulit dini. Temuan dari studi penelitian juga menunjukkan bahwa makanan yang mengandung banyak gula atau karbohidrat olahan seperti fast food memicu proses penuaan lebih cepat.


5. Berhenti mengonsumsi alkohol

Sama seperti rokok, alkohol juga membawa efek signifikan pada kualitas kulit. Alkohol pada dasarnya memberikan pengaruh buruk pada kulit yang bisa membuat kulit kasar, berkerut, dan membuat penampilan seseorang terlihat lebih tua.


6. Rajin berolahraga

Semua orang pasti sudah mengetahui manfaat dari olahraga, selain menyehatkan tubuh, penelitian menunjukkan bahwa berolahraga secara rutin dapat meningkatkan sirkulasi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang juga dapat membuat kulit tampak lebih muda dan segar.


7. Konsisten melakukan rutinitas skincare

Seperti tubuh, kulit juga memerlukan asupan untuk memenuhi kebutuhan. Hal termudah yang bisa dilakukan adalah melakukan rutinitas skincare dengan teratur dan konsisten. Pilihlah skincare yang sesuai dengan jenis kulit agar terhindar dari iritasi, kemerahan, ataupun rasa perih terbakar.


8. Perawatan dengan ahli kulit

Tidak berhenti disitu, jika kamu sedikit banyak sudah melakukan gaya hidup sehat, selanjutnya kamu bisa mempertimbangkan untuk melakukan perawatan dengan ahli kulit. Menjalani perawatan chemical peeling, laser, ataupun perawatan lainnya bermanfaat untuk menjaga dan juga meningkatkan kualitas kulit. Tidak hanya satu kali, perawatan berulang diperlukan dalam menjaga dan memperbaiki beberapa permasalahan kulit. Keuntungan melakukan perawatan dengan ahli adalah mengetahui perawatan yang kulit perlukan dengan tepat dan benar.



Bagaimana? Tidak terlalu sulit untuk mencegah penuaan kulit dini, bukan? Dengan mengubah beberapa pola hidup menjadi lebih baik serta beberapa perawatan secara konsisten, kulit biesa jadi lebih sehat, bercahaya, dan juga awet muda.


Kalau tanda-tanda penuaan dini pada kulit sudah terlanjur muncul, kamu bisa segara datang ke klinik kulit dan kecantikan untuk mendapatkan perawatan profesional rekomendasi dokter.