Alasan Mengapa Jerawat Tidak Boleh Asal Dipencet



Munculnya satu atau dua jerawat memang sering kali membuat gemas ingin cepat-cepat menghilangkannya. Hampir semua orang pernah melakukan aktivitas memencet jerawat, entah karena iseng atau gemas. Namun, tahukah kamu, kalau memencet jerawat bukanlah tindakan yang bijak karena tidak semua lesi jerawat boleh dipaksa untuk keluar.


Tipe-tipe jerawat yang biasanya muncul di wajah antara lain:


1. Whitehead : Benjolan kecil berwarna putih di bawah kulit yang terjadi akibat pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati


2. Balckhead : Komedo hitam akibat terbukanya pori-pori yang tersumbat dan terpapar oleh kotoran


3. Kistik : Jerawat inflamasi merah meradang yang tumbuh lebih dalam di bawah kulit


Meski begitu, pro dan kontra perihal memencet jerawat masih sering terdengar. Menurut dokter Edwin Tanihaha, Sp.KK, calon-calon jerawat seperti komedo masih bisa diekstrasi oleh seorang profesesional, sedangkan jerawat inflamasi biasanya akan dilakukan injeksi yang befungsi untuk mengurangi peradangan dan mempercepat proses pengempesan jerawat. Selain itu, tambahan obat oral antibiotik juga bisa dijadikan opsi untuk membunuh bakteri-bakteri yang tumbuh di dalam jerawat.


Baca juga : Jerawat - Jenis, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Banyak dokter kulit menyarankan untuk tidak menyentuh ataupun mengganggu jerawat yang muncul, apalagi dengan permukaan tangan yang kotor. Jika kamu gemas ingin menghilangkan jerawat, baiknya segera temui dokter untuk menentukan jenis jerawat dan mengetahui dasar penyebab jerawat untuk memastikan tindakan apa yang tepat dalam penanganannya.


Jika kamu memutuskan untuk menemui dokter kulit, ada beberapa modalitas fisik yang bisa dilakukan, salah satunya adalah :

  • Ekstraksi jerawat atau facial yang melibatkan penggunaan alat steril untuk menghilangkan blackhead dan whitehead

  • Menyuntik jerawat batu atau kistik dengan zat antiinflamasi yang berfungsi mempercepat proses peradangan dan menghindari bekas jerawat bopeng

  • Perawatan laser menjadi pilihan efektif lainnya dalam menangani jenis jerawat tertentu


Menanggapi perihal memencet jerawat, ada beberapa alasan mengapa kamu tidak diperbolehkan memencet jerawat sembarangan yaitu:

  1. Cenderung meninggalkan bopeng

  2. Memencet jerawat bisa memperluas bakteri serta nanah dari pori-pori yang terinfeksi ke pori-pori sekitar sehingga terjadi penyebaran yang lebih luas atau breakout

  3. Penyembuhan jerawat menjadi lebih lamban karena memencet jerawat dapat menunda proses penyembuhan alami tubuh

  4. Memencet jerawat sembarang dapat mendorong nanah dan juga bakteri lebih jauh ke bawah kulit sehingga menimbulkan peradangan bahkan infeksi


Meski memencet jerawat adalah hal yang paling menggoda untuk dilakukan, baiknya kamu ketahui dulu bahaya yang akan datang. Jika ingin menghilangkan jerawat secepat mungkin, temuilah dokter kulit terdekat dan konsultasikan cara terbaik untuk mengatasinya agar tidak menimbulkan permasalahan lain seperti breakout atau bopeng.