Apakah Facial Aman untuk Jerawat?


Facial adalah salah satu rangkaian perawatan kecantikan yang sudah banyak diketahui. Meski banyak klinik kecantikan yang menyediakan perawatan "menantang" ini, facial masih menjadi pro dan kontra bagi beberapa orang. Banyak orang pasti menanyakan hal yang sama, apakah melakukan facial aman untuk jerawat?


Yuk, kita ulas di artikel kali ini!


Mengenal facial

Pada umumnya, perawatan facial ditujukan untuk mengekstrasi atau mengeluarkan "kotoran" yang ada di dalam kulit. Biasanya, perawatan ekstraksi ini direkomendasikan kepada pasien yang memiliki banyak komedo, baik itu blackhead ataupun whitehead. Tidak bisa sembarangan, perawatan facial harus dilakukan oleh seorang ahli untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Meski begitu, faktanya, banyak orang mencoba untuk megeluarkan komedo sendiri dengan tangan telanjang tanpa memperhatikan kebersihannya. Walaupun beberapa komedo bisa dikeluarkan sendiri dengan tangan, tapi hal ini tidak disarankan ya, beauties! Bukan tanpa alasan, mengeluaran komedo dengan tangan kotor bisa menimbulkan permasalahan lain seperti iritasi dan lain sebagainya.


Baca juga: Alasan Mengapa Jerawat Tidak Boleh Asal Dipencet


Mengapa komedo harus di facial?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya kita mengetahui apa itu komedo dan bagaimana komedo terbentuk?


Komedo adalah kondisi kulit yang muncul berupa sebuah titik yang terkadang menyerupai benjolan kecil berwarna hitam, putih atau menyerupai warna kulit. Komedo dapat muncul ketika sel-sel kelenjar sebasea berkembang biak serta adanya peningkatan produksi sebum. Lebih lanjut, komedo terbentuk karena terdapat sumbatan yang menghalangi saluran sebasea dan folikel rambut.


Terlepas dari adanya pro dan kontra di masyarakat terkait facial, dokter kulit di IORA Clinic beranggapan bahwa komedo sudah seharusnya dikeluarkan demi mencegah kondisi yang lebih kompleks. Adapun keuntungan lainnya dari mengekstrasi komedo, menurut dr.Edwin Tanihaha, Sp.KK adalah:

  • Mencegah breakout atau berkembangnya jerawat yang lebih parah

  • Mencegah pori-pori membesar sebesar komedo yang lama tidak dikeluarkan

  • Meratakan tekstur kulit yang kasar karena bintil komedo


Apakah facial aman untuk jerawat?

Sebelum melakukan facial, ada baiknya konsultasikan jerawat yang diderita kepada dokter ahli. Melalui sesi konsultasi, dokter akan melihat dan merekomendasikan perawatan sesuai dengan kebutuhan kulit. Terkait apakah facial aman untuk jerawat, jawabannya bisa diketahui melalui lesi tipe apa yang dimiliki pasien.


Berikut beberapa tipe lesi jerawat, diantaranya:

  • Whitehead biasanya muncul berupa benjolan kecil berwarna putih di atas permukaan kulit.

  • Blackhead adalah komedo yang tidak memiliki peradangan, tapi bisa semakin besar jika tidak segera diatasi.

  • Papules atau papula adalah tipe benjolan merah kecil tanpa adanya nanah.

  • Pustules atau pustula biasanya ditandai oleh nanah dan kemerahan sebagai dasar lesi.

  • Nodules/Cysts yang dikenal dengan jerawat batu merupakan tipe paling sakit karena ditandai oleh benjolan cukup besar di dalam kulit.

Menurut dokter kulit IORA, facial sangat dibutuhkan untuk mengatasi jerawat yang tidak meradang. Dalam beberapa kasus, facial dilakukan untuk mengeluarkan komedo dari dalam pori kulit. FYI, pori-pori bisa semakin membesar mengikuti besarnya komedo yang tidak diatasi dengan segera lho, beauties. Terkait hal ini, mengekstrasi komedo menjadi pilihan aman karena bisa mencegah beberapa kondisi yang sudah disebutkan di atas.


Sebaliknya, facial tidak bisa dan tidak boleh dilakukan pada jerawat yang meradang seperti jerawat batu. Sejatinya, facial hanya diperuntukkan bagi pasien dengan permasalahan blackhead atau whitehead. Jerawat yang memerah, meradang, dengan benjolan besar di dalam ataupun luar kulit membutuhkan perawatan ekstra lainnya oleh dokter ahli.



Bagimana? Kamu sudah tahu jawabannya kan. Bersamaan dengan artikel ini, facial sangat aman dilakukan jika kamu tahu jenis jerawat apa yang kamu hadapi dan sangat aman jika dilakukan dengan dokter ahli. Semoga artikel ini menjawab pertanyaan kamu ya..