Bisakah Smile Lines Dihilangkan? Inilah Cara Efektifnya


Smile lines atau garis senyum merupakan istilah lain dari nasolabial folds. Secara harfiah, lipatan nasolabial adalah garis lekukan yang ada di kedua sisi mulut, memanjang dari tepi hidung hingga sudut luar mulut. Sebagian orang mungkin belum memiliki garis di antara mulut ini, namun, lipatan nasolabial bisa jadi lebih menonjol ketika tersenyum.


Meskipun akan terlihat menonjol ketika tersenyum, lipatan nasolabial bisa semakin tercetak jelas seiring dengan berjalannya usia. Jadi, tidak heran jika beberapa orang yang sudah berumur terlihat memiliki lipatan ini meskipun sedang tidak berekspresi. Selain membuat penampilan terlihat lebih tua, smile line seringkali mengganggu penampilan makeup karena bisa menciptakan sebuah guratan atau crack.


Apa itu Smile Lines?

Smile lines (nasolabial folds) adalah garis yang berada di kedua sisi mulut. Garis ini akan terlihat jelas ketika seseorang tersenyum, maka dari itu, garis ini dikenal dengan istilah smile lines. Faktanya, hampir semua orang memiliki lipatan nasolabial, kecuali pada bayi yang baru saja lahir atau orang yang wajahnya lumpuh karena kondisi medis tertentu.


Tahukah kamu? Smile lines merupakan salah satu tanda dari penuaan kulit. Lipatan nasolabial ini terbentuk dari kumpulan jaringan fibrosa dan otot padat yang cenderung menjadi lebih nampak ketika kita bertambah usia. Ketika kita menua, kulit menjadi kendur dan tipis sehingga lipatan ini akan terlihat semakin jelas.


Penyebab Smile Lines

Pada dasarnya, garis senyum yang ada di wajah sangatlah normal dan merupakan bagian dari anatomi. Namun, lipatan ini bisa menjadi lebih dalam dan kendur akibat penuaan kulit, menyebabkan penampilan terlihat lebih tua dan berlipat. Selain itu, dengan bertambahnya usia, garis senyum mulai muncul dan dapat memanjang hingga dagu, yang biasanya disebut dengan garis marionette.


Sama seperti kondisi kulit lainnya, lipatan nasolabial ini memiliki berbagai faktor, yaitu:

  • Paparan sinar matahari, yang menyebabkan kerusakan kulit, seperti kerutan dan perubahan tekstur kulit

  • Hilangnya kolagen karena penuaan. Menurunnya kolagen membuat kulit lemah dan tipis

  • Berkurangnya lemak yang menyebabkan area pipi dan sekitarnya menjadi kendur

Perlu diketahui bahwa ekspresi wajah kita juga bisa menyebabkan kerutan smile lines lebih dalam. Selanjutnya, ada pula beberapa faktor pendorong yang dapat memperburuk kondisi lipatan ini, seperti:

  • Merokok

  • Paparan polusi

  • Penurunan berat badan yang cepat atau seringnya fluktuasi berat badan


Cara Menghilangkan Smile Lines

Meski tidak ada masalah serius terkait garis senyum ini, tetapi sebagian orang merasa bahwa lipatan nasolabial membuat penampilan mereka terlihat kurang menarik. Maka dari itu, banyak yang bertanya-tanya, apakah garis senyum dapat dipudarkan dan dihilangkan? Terkait kekhawatrian ini, IORA Clinic menyediakan beberapa opsi efektif dan aman dalam menangani kasus ini.


Dermal Filler

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menghilangkan garis senyum adalah filler. Dermal filler adalah perawatan injeksi yang dimasukan ke dalam kulit. Filler ini berfungsi untuk mengisi dan mengurangi kerutakan di area yang ditargetkan. Tidak hanya itu, perawatan dermal filler untuk smile lines ini hanya memerlukan waktu sebentar tanpa downtime. Manfaat lain dari filler ini adalah mengurangi dan menghilangkan lipatan yang menonjol, juga membantu kulit di area sekitarnya menjadi lebih penuh dan muda.


Collagen Stimulator

Sama seperti dermal filler, collagen stimulator merupakan perawatan injeksi yang dapat merangsang dan mengembalikan kolagen yang hilang pada kulit. Collagen stimulator dapat mengembalikan penampilan muda Anda dengan meredakan sekaligus menghilangkan garis -garis penuaan


Plasma Gel Therapy

Masih sama dengan perawatan injeksi, yang membedakan plasma gel therapy adalah menggunakan darah pasien sendiri untuk diolah menjadi gel atau serum yang akan dimasukan ke dalam kulit. Manfaat perawatan ini adalah untuk mengisi dan mengencangkan area yang sudah ditargetkan hingga penampilan Anda bisa menjadi lebih muda dan fresh.


Thread Lift

Selain perawatan injeksi, perawatan untuk smile lines juga bisa dilakukan dengan thread lift. Prosedur ini melibatkan suntikan dan benang yang akan ditarik dan dikencangkan untuk mengangkat kulit serta jaringan yang kendur pada wajah Anda. Prosedur ini mampu mengencangkan garis-garis atau tanda-tanda penuaan yang terlihat jelas pada wajah.


Perawatan Apa yang Cocok Untuk Saya?

Jika Anda mengalami kekhawatiran ini dan bingung untuk menentukan perawatan yang tepat, datang dan konsultasikan permasalahan Anda dengan dokter kami. Jika sudah melihat secara langsung dan mendengar keluhan Anda, dokter kami akan merekomendasikan perawatan dan treatment apa yang sebaiknya Anda pilih agar meghasilkan hasil yang baik.