Filler Bibir: Meningkatkan Volume dan Menyeimbangkan Bentuk Bibir


Filler bibir mulai ramai dibicarakan bahkan menjadi sebuah trend setelah Kylie Jenner, sosialita sekaligus model Amerika Serikat berhasil mengubah bentuk bibir tipisnya menjadi lebih penuh dan tebal. Semenjak trend bibir penuh ini mencuat, banyak wanita mendambakan penampilan bibir penuh dan tebal yang dirasa lebih menarik juga seksi.


Dalam dunia estetika wajah, filler bibir hadir sebagai jawaban atas keinginan mengubah bentuk bibir dalam waktu singkat dan aman. Yuk, kita bahas lebih dalam tentang filler bibir.



Mengenal Filler Bibir

Pada dasarnya, filler bibir adalah sebuah prosedur injeksi yang mampu menambah volume pada bibir. Tidak hanya volume, filler bibir mampu membentuk kembali bentuk bibir yang tidak simetris, memperbaiki struktur kulit bibir, hingga melembapkan bibir agar terlihat lebih sehat dan menawan.


Lebih lanjut, filler bibir biasanya menggunakan dermal filler yang mengandung hyaluronic acid, kandungan alami pada tubuh yang berangsur-angsur berkurang seiring dengan berjalannya waktu atau usia; yang juga didorong oleh faktor lain seperti genetik, merokok, dan paparan sinar matahari.



Baca juga : Pentingnya Hyaluronic Acid untuk Kesehatan Kulit



Apa yang Didapatkan dari Filler Bibir?

Banyak orang yang melakukan filler bibir karena ingin memperbesar ukuran bibirnya. Anda mungkin ingin memperbesar ukuran bibir Anda karena berbagai alasan, termasuk :

  • Mengembalikan ukuran bibir sebelumnya. Sudah disebutkan di atas bahwa seiring dengan berjalannya waktu dan usia, bibir Anda mungkin menjadi lebih kecil dan tipis karena berbagai hal. Kondisi ini bisa jadi karena filtrum (lekuk antara bibir atas dan septum) menjadi lebih panjang dan rata, atau bisa juga karena jarak antara sudut mulut (jarak intercommissural) meningkat.

  • Memperbaiki bentuk bibir. Sudah menjadi rahasia umum kalau banyak orang memiliki bibir dengan ukuran atau bentuk yang berbeda (asimetris). Dengan filler bibir, bentuk bibir Anda bisa dibentuk menjadi lebih rata dan sesuai.

  • Menghaluskan kerutan. Saat seseorang tersenyum atau tertawa, kerutan di sisi mulut terkadang muncul. Filler bibir mampu menghaluskan sekaligus menyamarkan kerutan tersebut agar bibir terlihat muda dengan memberikan hiderasi yang dibutuhkan.

  • Meningkatkan rasa percaya diri. Bibir tipis dan bentuk yang tidak rata kerap kali membuat beberapa individu tidak percaya diri, filler bibir dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri karena bisa menjawab keresahan unik Anda dalam waktu singkat.


Manfaat Filler Bibir

  • Volume bibir yang diinginkan dapat disesuaikan. Jumlah pengisi yang akan diinjeksikan dapat disesuaikan dengan apa yang Anda harapkan dan sesuai dengan hasil konsultasi bersama dokter.

  • Hasil bisa dilihat dan dirasakan langsung setelah prosedur. Tidak membutuhkan waktu penyembuhan yang lama, filler bibir hanya memerlukan waktu beberapa menit dalam proses pengerjaan maupun hasil dan juga penyembuhannya.

  • Luka atau memar lebih minim. Keuntungan dari prosedur filler bibir adalah tidak memiliki waktu downtime. Luka atau memar yang ditinggalkan hanya berupa titik sesudah injeksi yang akan hilang setelah beberapa waktu.


Apakah Hasil Filler Bibir Permanen?

Hasil filler bibir tidak permanen, namun filler bibir dapat bertahan sampai dengan satu tahun dan bahkan lebih, tergantung dengan gaya hidup individu. Maka dari itu, mengurangi atau hindari mengonsumsi alkohol, berhenti merokok, jaga hidrasi tubuh Anda dengan minum banyak air putih, dan juga konsumsi makanan sehat dapat membantu memperpanjang hasil treatment filler Anda.



Filler bibir oleh dokter Edwin Tanihaha, Sp. KK, Dip. AAAM, MHKes, FKCCS di IORA Clinic Jakarta Selatan
Filler bibir oleh dr.Edwin Tanihaha, Sp. KK, Dip. AAAM, MHKes, FKCCS di IORA CLinic.