5 Alasan Kenapa Jerawat Terus Muncul Menurut Dokter Kulit


Hal yang paling menyebalkan adalah ketika jerawat terus menerus bermunculan, khususnya buat para pemiliki kulit acne-prone, yang rentan akan jerawat. Banyak orang bertanya-tanya "kenapa sih jerawat terus muncul?". Nah, kalau kamu punya pertanyaan yang sama, baiknya kamu mulai memperhatikan kebiasaan-kebiasaan atau gaya hidup yang bisa memicu pertumbuhan jerawat, seperti di bawah ini :

#1. Sering tidur malam atau begadang

Kebiasaan sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan adalah tidur berkualitas. Sayangnya, banyak orang masih menyepelekan pentingnya memiliki jam tidur yang cukup (7-8 jam). Entah terdesak pekerjaan atau sibuk streaming film, tidur terlalu malam secara terus menerus faktanya bisa mengganggu kualitas kulit kita lho, beauties!


Dokter spesialis kulit IORA, Edwin Tanihaha mengatakan,"Tidur larut malam akan meningkatkan hormon kortisol atau hormon stress yang menyebabkan tubuh memproduksi sebum berlebih. Hal inilah yang bisa memicu pertumbuhan jerawat". Beliau juga menyarankan pasien agar tidur sebelum jam 10 malam. Secara teknis, tubuh secara otomatis menjalani proses regenerasi alami ketika tidur. Proses regenerasi ini tidak akan berjalan optimal jika jam tidur kamu diperpendek.


#2. Makan sembarangan

Kalau kamu penasaran kenapa jerawat terus tumbuh, maka apa yang kamu makan jadi hal pertama yang harus direfleksikan.


Pastikan untuk membatasi konsumsi dairy produk seperti susu, es krim, keju, yang di dalamnya terkandung hormon dan molekul aktif. Beberapa studi menjelaskan bahwa susu bisa menstimulasi produksi sebum dan meninkatkan penumpukan sel kulit pada folikel rambut yang berpotensi memperparah jerawat.


Selain itu, makanan mengandung banyak gula atau makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti soda, junk food, hingga dessert bisa meningkatkan kadar glukosa dalam darah, juga meningkatkan testosteron dan kadar hormon lain dalam darah yang lagi lagi memicu produksi sebum berlebih.


Terkait hal ini, dokter menganjurkan mengganti makanan tersebut dengan buah atau sayur yang kaya akan serat.


#3. Stress

Stress menjadi salah satu penyebab jerawat yang paling umum karena menyebabkan tubuh memproduksi hormon kortisol berlebih dan hormon lain sebagai respon. Hal ini dapat memicu produksi sebum berlebih di kulit. Umumnya, sebum sangat berperan dalam menjaga kulit terhidrasi dan awet muda. Namun, sebum berlebih akan berdampak pada penyumbatan pori-pori dengan cepat.


#4. Sering minum kopi susu atau kopi hitam

Beberapa tahun belakangan ini, mengonsumsi kopi susu atau kopi hitam sudah menjadi sebuah tren, bahkan kebiasaan bagi masyarakat Indonesia. Untuk kamu si acne-prone skin, dokter Edwin Tanihaha menyarankan untuk tidak mengikuti tren tersebut. Menurutnya, caffeine yang ada di dalam kopi bisa mencuri air dalam tubuh, sehingga kulit mengalami dehidrasi yang menyebabkan komedo tidak bisa keluar dari kulit.


Baca juga: Apakah Facial Aman untuk Jerawat


Dalam hal ini, lebih baik kamu banyak minum air putih atau air kelapa murni segar untuk menjaga hidrasi kulit kamu, beauties.


#5. Menggunakan makeup atau skincare comedogenic

Jika situasi mendesak kamu untuk menggunakan riasan wajah, maka pilihlah makeup yang sesuai dengan jenis kulit kamu ya, girls. Coba cari tau secara mendalam kandungan yang ada di makeup atau skincare kamu agar tidak salah pakai. Dokter menyarankan untuk memilih makeup dan juga skincare yang tidak menyumbat pori-pori, non-comedogenic. Kalau kamu ragu dan sedang mengalami jerawat yang susah dikendalikan, kamu bisa periksakan ke dokter kulit dan menggunakan skincare dengan kandungan yang sudah diformulasikan dokter.



Yup, itu dia 5 alasan atau kebiasaan-kebiasaan yang mungkin kamu tidak sadar lakukan yang akhirnya membuat pertumbuhan jerawat sulit untuk diatasi. Karena jerawat bukanlah perkara mudah, ada baiknya kamu meninjau kembali gaya hidup yang kamu miliki. Cobalah untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan yang sudah disebutkan, dan lihat perubahan apa yang terjadi.


Jangan lupa kunjungi dokter kulit terdekat kalau kamu ragu dan ingin menghilangkan jerawat secara profesional ya, beauties!