Kulit Tampak Kusam dan Lelah? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya


Pernahkah kamu merasa kulit wajah kamu terlihat kurang fresh dan bercahaya hingga tampak seperti orang kelelahan? Kondisi kulit ini biasanya dinamakan kulit kusam. Kondisi kulit kusam umumnya terlihat kurang sehat dan bercahaya, lelah serta kasar. Kulit kusam juga seringnya dikarakteristikan memiliki warna dan tekstur yang tidak rata.


Kamu pasti bertanya-tanya, kenapa kulit wajah bisa kusam? serta, bagaimana cara mengatasi kulit wajah yang kusam. Di artikel kali ini, mari kita terlusuri lebih lanjut.


Penyebab Kulit Kusam

Sebelum mengetahui penyebabnya, ada baiknya ketahui terlebih dahulu ciri-ciri kulit kusam. Kulit kusam biasa muncul dengan beberapa kondisi seperti, kulit kering, warna gelap di bawah mata, kulit tampak kurang bercahaya dan lebih gelap dari biasanya.


Sekiranya ada 6 faktor peyebab kulit kusam, mulai dari kebiasaan gaya hidup yang buruk hingga penumpukan sel kulit mati. Berikut penjelasan detail masing-masing penyebabnya:


1. Penumpukan sel kulit mati

Seiring bertambahnya usia, kulit mulai memproduksi banyak minyak. Hal inilah yang menyebabkan sel-sel kulit mati menumpuk di wajah, membuat kulit tampak kurang bercahaya, kering dan kusam.


2. Kulit mengalami dehidrasi

Asupan air faktanya berhubungan langsung dengan kesehatan kulit kamu. Dehidrasi menurunkan sirkulasi darah ke kulit, sehingga membuat kulit tampak pucat dan lelah. Jadi, ketika kamu tidak minum cukup air, kulit bisa jadi tampak kusam. Dalam beberapa kasus, dehidrasi berkepanjangan bahkan menyebabkan kerutan, garis halus, kulit kendur, dll.


3. Tidak melakukan eksfoliasi kulit

Behubungan dengan sel kulit mati, melakukan eksfoliasi satu atau dua kali dalam beberapa minggu sangat penting untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit. Meski begitu, jika kamu terlalu sering atau terlalu keras, lapisan pelindung kulit bisa rusak dan mengakibatkan hilangnya kelembapan. Hal Ini juga memicu kulit kamu tampak kusam.


Baca juga: Manfaat dan Cara Efektif Eksfoliasi Kulit


4. Kurang tidur

Salah satu tanda tubuh lelah adalah kulit kusam. Saat kamu tidur, kulit akan memperbaiki dan memperbarui dirinya sendiri. Jika tidur kamu kurang, maka sel-sel kulit tidak dapat berfungsi dengan baik. Kurang tidur juga bisa menyebabkan mata pada, atau bayangan hitam di bawah mata, membuat penampilan tidak terlihat segar.


5. Skincare yang tidak tepat

Tahukah kamu, kalau menggunakan kandungan skincare yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat merusak pelindung kulit (skin barrier). Jika pelindung kulit rusak, penampilan kulit kusam tak dapat dihindarkan. Menggunakan sabun atau produk kandungan "keras" yang diformulasikan dengan bahan-bahan yang tidak cocok di wajah juga dapat menyebabkan hilangnya kelembapan dan minyak esensial.


6. Kerusakan akibat sinar matahari

Kulit yang tidak terlindungi jika terus menerus terkena sinar matahari dapat menjadi kering, kusam, dan belang. Sinar UV mampu memecah protein penting di kulit yang juga dapat merusak pelindung kulit. Jaran atau tidak memakai sunscreen bisa membuat kulit kamu terlihat lelah, gelap dan kusam. Selain sinar UV, kulit juga kemungkinan terkena polusi setiap hari. Penyebab eksternal seperti ini lama-kelamaan bisa menyebabkan kulit kusam, perubahan warna, dll.


Perawatan Kulit Kusam

Jika sudah mengetahui sedikit banyak penyebab kulit kusam, sudah saatnya kita mulai mencari solusi untuk mengatasinya. Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kembali kesehatan kulit wajah, di antaranya :


1. Mengeksfoliasi kulit

Eksfoliasi kulit bermaanfaat untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dan mengekspos sel-sel kulit baru yang sehat di bawahnya. Menggunakan alat canggih eksfoliator atau dengan bahan chemical khusus, perawatan di IORA Clinic bisa jadi opsi untuk kamu.


2. Perawatan laser

Disesuaikan dengan kebutuhan kulit dan permasalahan unik kamu, perawatan berbasis cahaya ini masih menjadi andalan yang mampu meremajakan kulit kamu tanpa waktu penyembuhan.


3. Injeksi vitamin

Jika kamu menginginkan sesuatu yang sederhana tanpa ribet, injeksi vitamin yang sudah diformulasikan khusus, bisa jadi pilihan. Injeksi vitamin ini bertujuan untuk menyegarkan serta mencerahkan kulit.


4. Salmon DNA

Hanya dengan 5 titik penyuntikkan, perawatan Salmon DNA mampu menghidrasi, mencerahkan, hingga mengenyalkan kulit.


5. Gunakan skincare yang tepat

Tidak bisa dipungkiri bahwa skincare yang tepat akan menghasilkan sesuatu yang baik di kulit kamu. Jika kamu memeriksakan kulit kusam ke dokter kulit, kamu akan direkomendasikan beberapa jenis skincare yang tentunya sudah diformulasikan sesuai dengan kebutuhan kulit.



Itulah beberapa penyebab dan perawatan kulit kusam yang bisa kamu lakukan. Ingat, kulit kusam tidak mengenal warna ataupun jenis kulit individu lho. Semua orang mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengalami kondisi ini, jadi, jangan lupa untuk sayangi kulit kamu ya!