Manfaat dan Cara Efektif Eksfoliasi Kulit



Exfoliation atau eksfoliasi merupakan salah satu langkah dari serangkaian rutinitas skincare yang sering dilakukan oleh banyak orang. Pada era masa kini, panduan memakai skincare sudah marak dan mudah dijumpai di sosial media. Mulai dari pemakaian face wash, toner, serum, sunscreen, sampai dengan eksfoliasi.


Apa itu eksfoliasi kulit dan apa saja manfaatnya? Secara harfiah, eksfoliasi adalah pengelupasan. Lebih lanjut, eksfoliasi merupakan proses pengangkatan atau penghancuran sel kulit mati dari lapisan luar/permukaan kulit. Secara alami, kulit kita akan melepaskan sel-sel kulit mati setiap 30 hari atau lebih. Namun terkadang, sel-sel kulit mati tidak sepenuhnya terlepas dari permukaan kulit sehingga menyebabkan kulit menjadi kering bersisik dan juga penyumbatan pori-pori. Jadi, adanya eksfoliasi dalam rutinitas skincare berfungsi untuk merontokkan sel-sel kulit mati yang masih menempel di permukaan kulit.


Adapun beberapa manfaat eksfoliasi kulit adalah :

  • membuat kulit terlihat lebih cerah

  • meningkatkan efektivitas produk skincare (topikal) karena eksfoliasi bisa meningkatkan daya penyerapan

  • mencegah penyumbatan pori-pori

  • untuk jangka panjang, dapat meningkatkan elastisitas kulit dan meminimalkan munculnya garis-garis halus


Eksfoliasi memiliki dua metode utama, yaitu mekanis (physical) yang biasanya menggunakan alat bantu seperti sikat, spons, scrub atau lainnya. Selain itu, metode lain adalah kimiawi (chemical), biasanya menggunakan bahan kimia yang berfungsi melarutkan sel-sel kulit mati dengan lembut.


Untuk mengetahui metode atau cara tepat untuk mengeksfoliasi kulit, kamu harus memperhatikan jenis kulit yang kamu miliki--Apakah normal, sensitif, kering, berminyak ataupun kombinasi. Hal ini perlu dipastikan karena kesalahan pada eksfoliasi kulit bisa muncul dan menimbulkan permasalahan kulit baru.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait proses pengelupasan kulit agar proses eksfoliasi kulit menjadi lebih efektif, diantaranya :

  • Perhatikan kandungan aktif pada skincare, jangan terlalu banyak memakai bahan aktif. Bagi beberapa yang sering melakukan eksfoliasi sebagai rangkaian skin care rutin, baiknya perhatikan kandungan-kandungan produk skincare demi mencegah efek buruk dari over-exfoliate.

  • Jangan kasar, bersikaplah lembut pada kulit. Jika menggunakan scrub atau metode physical, pilihlah scrub yang halus dan nyaman untuk kulit. Terlebih, jangan gunakan banyak tekanan ketika melakukan gesekan pada kulit untuk mencegah iritasi.

  • Aplikasikan moisturizer dan sunscreen setelah melakukan eksfoliasi. Proses pengelupasan kulit bisa membuat kulit menjadi lebih kering dan rentan. Maka dari itu, oleskan pelembab segera setelah eksfoliasi untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi. Setelahnya, jangan lupa gunakan sunscreen sebagai proteksi tambahan.

  • Lakukan eksfoliasi kulit sewajarnya, jangan lakukan setiap hari dan setiap waktu. Seberapa sering kita melakukan eksfoliasi tergantung pada jenis kulit dan metode pengelupasan yang dilakukan. Berhati-hatilah untuk tidak melakukan eksfoliasi secara berlebihan karena over-exfoliate dapat menyebabkan kulit iritasi bahkan sensitif.


Jika kamu masih takut dan memiliki beberapa pertanyaan tentang eksfoliasi, kunjungilah dokter kulit terdekat. Seorang dermatologis akan membantu mengevaluasi kulit kamu dan menentukan metode eksfoliasi apa yang efektif dan aman untuk kulit.


Di IORA Clinic, kami memiliki beberapa pilihan treatment pengelupasan kulit yang cocok untuk kamu. Dengan pengawasan dokter profesional, eksfoliasi terasa aman dan nyaman.


Art Pel

Kurang dari 10 menit menggunakan cairan/kandungan special, Art Peel di IORA mampu menghilangkan sel-sel kulit mati secara efektif. Tidak hanya menghancurkan sel kulit mati, peeling dapat meminimalkan garis halus dan bintik-bintik hitam. Hasilnya, wajah kamu akan terlihat lebih cerah dan sehat.


Bubble Glow

Cara lain eksfoliasi kulit di IORA adalah dengan treatment bubble glow. Berbeda dengan peeling yang memanfaatkan kandungan special, bubble glow menggunakan mesin khusus yang berfungsi mengangkat sel kulit mati sekaligus memasukan gel pencerah ke lapisan kulit dalam. Jadi, tidak hanya merontokan kotoran di permukaan kulit, perawatan ini juga mampu mencerahkan penampilan wajah.


Laser

Tidak hanya menyajikan perawatan basic, kami juga menawarkan perawatan advance untuk membantu menuntaskan permasalahan kulit kamu. Dengan mesin canggih yang memancarkan cahaya, perawatan laser dapat memberikan berbagai manfaat yang ingin kamu capai seperti membuang sel kulit mati, mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, jerawat dan lainnya.