Penyebab Pori-pori Terlihat Besar dan Cara Mengatasinya


Bagi sebagian orang, pori-pori yang terlihat besar dan nampak pada wajah merupakan permasalahan tersendiri. Semua jenis kulit, baik itu berminyak, kering bahkan normal dapat mengalami juga memiliki pori-pori yang terlihat besar. Terlebih, penampilan pori-pori terbuka ini bisa membuat kulit tampak kusam dan nantinya kulit cenderung rentan akan kotoran, bakteri, minyak, atau sel kulit mati yang menimbulkan permasalahan kulit seperti jerawat.


Sebenarnya, apa sih penyebab pori-pori terlihat besar dan jelas pada wajah?


Penyebab Pori-pori Membesar

Pori-pori kulit yang membesar biasanya mengacu pada kondisi dimana terdapat perubahan topografi permukaan kulit yang terlihat. Meskipun bukan masalah medis, pori-pori yang nampak jelas pada wajah merupakan masalah kosmetik atau kecantikan bagi banyak orang.


Tahukah kamu, sebenarnya ada beberapa faktor penting yang menyebabkan kondisi ini, diantaranya:


Genetik

Genetik memegang peran penting dalam menentukan ukuran pori-pori. Jika keluarga, termasuk orang tua Anda memiliki pori-pori yang membesar, ada kemunginan Anda juga akan memilikinya. Faktanya, faktor genetik dapat menyebabkan pori-pori kulit Anda nampak terbuka di beberapa area seperti pipi, dahu dan hidung.


Peningkatan produksi sebum

Menurut studi, peningkatan produksi sebum menjadi salah satu penyebab utama pori-pori terlihat membesar. Setiap pori-pori manusia pastinya mengandung kelenjar sebaceous (minyak) yang mengeluarkan sebum, dan ketika kelenjar sebaceous menghasilkan minyak berlebih, pori-pori akan terlihat lebih besar.


Berkurangnya elastisitas kulit

Penuaan adalah proses yang tidak bisa dihindari. Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitasnya yang berdampak pada pori-pori terlihat lebih besar dari biasanya. Kekurangan elastisitas kulit juga membuat kulit Anda terlihat keriput dan kendor.


Besarnya folikel rambut

Setiap rambut memiliki folikel, dan setiap folikel rambut terletak di bawah pori-pori. Pada dasarnya, pori-pori adalah pembuka bagi folikel rambut. Jadi, ketika folikel rambut seseorang memiliki volume yang besar, maka pori-pori juga ikut membesar.


Selain faktor penyebab yang sudah disebutkan, ada beberapa faktor pemicu lainnya seperti kerusakan akibat matahari, merokok, dan juga stress.


Bagaimana cara mengecilkan pori-pori yang terlihat membesar? di IORA Clinic, kami memiliki menyediakan beberapa opsi untuk menangani permasalahan ini, seperti:


Laser

Perawatan laser dapat secara akurat difokuskan ke titik-titik kecil dengan energi yang sangat tinggi dan efektif untuk mengatasi permasalahan yang Anda ingin selesaikan.


Art peel (peeling)

Art peel treatment bertujuan untuk menghilangkan dan menghancurkan sel-sel kulit mati yang masih tertinggal di permukaan kulit. Dengan kandungan khusus, peeling menjadi pilihan alternatif untuk meningkatkan penampilan Anda.


Microneedle

Menggunakan jarum kecil yang ditusukkan pada kulit, perawatan microneedle bertujuan untuk menghasilkan kolagen dan jaringan kulit baru yang mendorong terjadinya proses peremajaan kulit. Perawatan ini akan menghasilkan kulit menjadi lebih halus, kenyal dan lebih kencang.


Micro Xeomin (Baby Botox)

Baby botox adalah perawatan injeksi yang digunakan untuk menyamarkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak juga keringat, selain itu, baby botox micro xeomin mampu memberikan pengurangan garis-garis halus pada wajah.