Mengenal Lentigo, Bercak Kecoklatan pada Kulit

Lentigo adalah kondisi kulit di mana terdapat bintik atau bercak datar tidak beraturan yang lebih gelap dari warna kulit area lain. Meskipun lentigo tidak terasa gatal, perih, dan berbahaya, bintik/bercak lentigo bisa dianggap penggangu penampilan untuk sebagian orang.

Mengenal Lentigo

Seiring bertambahnya usia, bintik-bintik yang lebih gelap dari warna kulit mulai terlihat. Bintik atau bercak coklat inilah yang disebut dengan lentigo. Bintik lentigo umumnya timbul di area yang terpapar sinar matahari seperti wajah dan punggung tangan. Selain itu, lentigo juga dikenal dengan sebutan liver spots atau bintik-bintik penuaan (age spots). Lentigo bisa muncul dengan lambat selama bertahun-tahun dan juga bisa muncul secara tiba-tiba. Umumnya, bintik lentigo muncul di berbagai area tubuh tergantung pada penyebabnya. Beberapa jenis lentigo bisa hilang sendiri seiring dengan berjalannya waktu, tetapi sebagian besar lentigo akan sulit hilang tanpa perawatan.


Jenis Lentigo

Terdapat beberapa jenis lentigo yang berbeda. Jenis-jenis lentigo diidentifikasi pada penyebab serta letak munculnya.


  • Lentigo Simplex adalah jenis lentigo yang paling sering muncul. Bintik-bintik coklat biasanya muncul di lengan dan kaki. Lentigo simplex terlihat saat lahir atau selama masa kanak-kanak.

  • Solar Lentigo adalah jenis yang disebabkan oleh paparan radiasi ultraviolet dari matahari. Jenis ini biasanya terjadi pada orang tua, tetapi bisa juga terjadi pada orang dewasa. Solar lentigo terjadi ketika radiasi UV menyebabkan sel-sel pigmen melanosit di kulit berkembang, maka dari itu solar lentigo muncul di area tubuh yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, tangan, bahu, dan lengan.

  • Ink spot lentigo adalah tipe lentigo yang muncul setelah terbakar sinar matahar. Lentigo jenis ink spot biasanya muncul pada orang yang memiliki warna kulit lebih terang. Tipe ini bisa muncul seperti titik gelap yang menyerupai tinta pada kulit.


Cara Menghilangkan Lentigo

Meskipun tidak bersifat kanker ataupun berbahaya, secara estetika kehadiran lentigo bisa jadi sebuah gangguan, terutama pada tampilan glass skin atau clean skin. Melihat kondisi ini, IORA Clinic menyajikan beberapa pilihan treatment yang bisa diaplikasikan untuk mengatasi bintik atau bercak lentigo pada kulit. Di antaranya adalah:


  • Art Peel : Perawatan peeling dipilih menjadi salah satu rekomendasi treatment untuk mengatasi lentigo pada tingkat tertentu. Memanfaatkan larutan khusus, chemical peeling dikerjakan hanya dalam beberapa menit tanpa pengelupasan. Jika dilakukan secara rutin dengan pengawasan dokter, bercak atau bintik dapat memudar dan warna kulit menjadi lebih rata dan cerah.

  • Laser Pico : Beberapa kasus lentigo membutuhkan perawatan yang lebih canggih seperti laser yang memanfaatkan energi dan gelombang cahaya. Dalam mengatasi warna kulit tidak merata seperti hiperpigmentasi atau lentigo, pico laser merupakan opsi terbaik. Tidak seperti laser biasanya, dengan kekuatan yang lebih tinggi, keunggulan laser pico adalah mampu menghancurkan pigmen terkecil tanpa mengganggu area kulit lain.

  • Perawatan krim topikal : Jika perawatan peeling dan laser biasanya membutuhkan jeda beberapa waktu untuk pengulangan, perawatan krim topikal bisa diaplikasikan setiap hari dan jadi perawatan sederhana yang berdampak besar pada perubahan lentigo. Krim topikal yang diracik oleh dokter mampu membantu perbaikan warna kulit yang tidak merata.


Cara Mencegah Lentigo

Disebabkan oleh sinar matahari berlebih, cara mencegah lentigo bisa dilakukan dengan sederhana. Cara termudah yang bisa dilakukan adalah mengaplikasikan sunscreen atau sunblock SPF 30++ pada kulit yang tidak terlindungi oleh baju dan topi. Pastikan untuk menggunakan kembali setiap dua - tiga jam sekali karena proteksi sunscreen akan menghilang setelah dua jam, terkena air atau berkeringat.




Menghilangkan solar lentigo dengan pico laser bersama dokter Edwin Tanihaha di IORA Clinic Jakara Selatan
Menghilangkan Solar Lentigo

Baca juga: Sinar Matahari Sebabkan Photoaging, Kulit Kusam dan Penuaan Dini