Penyebab dan Cara Mencegah Jerawat di Ketiak


Tidak hanya wajah yang mulus, hampir seluruh wanita juga menginginkan kulit ketiak yang halus, bersih, serta cerah. Sama seperti area kulit lainnya, kulit ketiak sering kali mengalami beberapa masalah, seperti kulit kasar, warna gelap tidak merata, sampai dengan adanya lesi seperti jerawat.


Meski terlindungi oleh lengan atas, kulit ketiak ternyata lebih sering terpapar 'sesuatu' yang kasar daripada area kulit lainnya, lho. Kok bisa? Yup, hal ini bisa jadi berasal dari kebiasan-kebiasaan yang tidak disadari seperti mencukur dengan pisau cukur, memakai deodoran, dan lain sebagainya, yang dapat memicu timbulnya benjolan seperti jerawat.


Mengapa kulit ketiak muncul benjolan?

Terdengar jarang dan tidak mungkin, ternyata banyak orang pernah memiliki benjolan menyerupai jerawat di ketiaknya. Walaupun terlihat persis seperti jerawat, lesi yang ada di kulit ketiak tidak selalu jerawat. Adapun kondisi yang memungkinkan lainnya, antara lain :


  • Folikulitis & Pseudofolliculitis barbae

Folikulitis adalah suatu kondisi ketika folikel rambut meradang atau terinfeksi bakteri/jamur yang biasanya terjadi setelah kulit terbuka setelah bercukur. Folikulitis juga bisa dialami oleh seseorang yang mengalami imunosupresi atau rentan terhadap infeksi kulit. Di sisi lain, pseudofolliculitis adalah peradangan yang disebabkan adanya iritasi folikel atau rambut yang tumbuh ke dalam kulit akibat mencukur, waxing, atau tweezing. Folikulitis dan pseudofolliculitis biasanya menimbulkan benjolan merah kecil dengan atau tanpa adanya nanah.

  • Dermatitis kontak

Dermatitis kontak biasanya ditandai dengan gatal, benjolan kecil berwarna merah, dan iritasi yang disebabkan oleh penggunaan produk mengandung bahan yang membuat kulit alergi atau sensitif, seperti deodoran dengan kandungan tertentu.

  • Hidradenitis Suppurativa

Hidradenitis suppurativa atau jerawat inversa adalah kondisi tersumbatnya folikel rambut oleh keratin. Selagi keratin dan keringat menumpuk, kondisi ini menyebabkan berkembangnya bakteri di dalam folikel rambut yang memicu peradangan dan juga infeksi kelenjar keringat. Hidradenitis suppurativa ditandai dengan benjolan sebesar kacang atau kelereng di bawah kulit yang terkadang terasa sakit dan cenderung membesar hingga bernanah. Kondisi kulit ini bisa terjadi saat kulit saling bergesekan, seperti di ketiak, pangkal paha, dan bokong.


Jika kamu kesulitan dalam menentukan kondisi ulit yang ada, kamu bisa datang atau melakukan konsultasi online dengan dokter kulit.


Penyebab Kulit Ketiak Berjerawat

Alasan paling sering yang menyebabkan terjadinya jerawat di kulit ketiak adalah penyumbatan atau infeksi pada folikel rambut. Selain itu, kondisi ini juga dapat dipicu oleh beberapa hal, seperti :

  • Mencukur, mencabut, dan waxing

  • Mengenakan pakaian ketat

  • Kenaikan berat badan tiba-tiba yang menyebabkan oklusi

  • Obat-obatan

  • Iritasi karena produk deodoran dan alat cukur dapat menyebabkan iritasi

  • Kondisi lembap (yang menimbulkan keringat)


Beberapa produk deodoran terkadang bisa membuat kulit iritasi atau dermatitis kontak alergi pada seseorang yang memiliki kulit sensitif, dan cenderung menimbulkan benjolan, kemerahan, dan gatal di area ketiak. Karena metode mencukur bisa membuka kulit, hal ini cenderung menyebabkan iritasi bahkan infeksi seperti folikulitis.


Cara Mencegah Jerawat pada Kulit Ketiak

Setelah megetahui pemicu timbulnya jerawat di kulit ketiak, akan lebih mudah untuk kita menghindarinya. Mencegah pemicu jerawat pada kulit ketiak bisa dilakukan dengan cara:


  • Memakai pakaian longgar, terutama ketika situasi lembap dan panas

  • Perhatikan arah mencukur rambut ketiak, pastikan alat cukur bersih, dan mengganti alat cukur secara teratur

  • Segera bersihkan badan atau mandi sehabis berolahraga dengan sabun yang lembut

  • Jangan mencukur rambut ketiak ketika kulit kering

  • Lakukan metode menghilangkan rambut ketiak yang lebih aman seperti laser hair removal dengan dokter kulit

Menggunakan teknologi berbasis cahaya, laser hair removal bertujuan untuk menjadikan pertumbuhan rambut menjadi lebih halus, tipis, bahkan menghilang secara permanen. Laser penghilang bulu terbukti menjadi metode paling efektif yang mampu merontokkan bulu dengan minimal rasa sakit dan juga hasil yang memuaskan tanpa peradangan dan infeksi.


Baca juga: Macam-macam Cara Menghilangkan Bulu Ketiak




Jika kamu mengalami benjolan seperti jerawat di kulit ketiak dan tak kunjung membaik seiring berjalannya waktu, segera temui dokter kulit untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dan perawatannya.