Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Leher yang Mengendur


Selain menyenangkan, bertambahnya usia juga membawa beberapa efek yang tidak diinginkan pada penampilan. Sebut saja kulit kering, garis-garis halus, kerutan, sampai dengan kulit kendur. Penuaan kulit tidak hanya terjadi pada area wajah, tetapi juga leher.


Terlepas dari kenyataan bahwa proses penuaan alami tidak dapat dihindari dan dihentikan sepenuhnya, masih ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu memperbaiki penampilan kulit kendur, terutama di bagian leher yang menciptakan kondisi “leher kalkun” atau turkey neck.


Definisi dan Penyebab Turkey Neck


Turkey neck adalah kondisi kulit leher kendur yang semakin lama semakin terlihat menonjol seiring dengan bertambahnya waktu dan usia. Mengendurnya kulit leher ini menjadi masalah kosmetik yang dikeluhkan banyak wanita karena penampilannya yang membuat bayangan seperti double chin.


Sederhananya, kulit kendur mulai terjadi karena proses penuaan alami yang mempengaruhi lambatnya produksi kolagen, elastin, dan asam hialuronat dalam tubuh. Selain itu, beberapa faktor lain bisa memicu proses penuaan kulit, termasuk :

  • Penuaan

Ketika bertambah usia, kolagen di kulit akan dipecah oleh enzim yang disebut matriks metaloproteinase, atau MMPs. Enzim ini menurunkan struktur serat kolagen sehingga mengurangi kekuatannya yang berdampak membatasi kemampuan kulit untuk memproduksi lebih banyak kolagen, menyebabkan kulit mulai berkeriput dan kendur.

  • Paparan sinar matahari (photodamage)

Setelah kelopak mata, leher memiliki kulit tertipis di tubuh. Selain itu, leher sering kali tidak terlindungi sehingga rentan terhadap radiasi UV dari sinar matahari. Kebiasaan tidak melindungi kulit leher inilah yang menyebabkan photodamage, meningkatkan kelemahan kulit dengan mengurangi jumlah kolagen dan elastin di kulit.

  • Penurunan berat badan

Kondisi leher kalkun dapat muncul setelah penurunan berat badan, terutama jika penurunan berat badan terjadi dalam jumlah besar dan cepat. Kendurnya penampilan kulit leher terjadi karena percepatan penyusutan alami kulit.


Meskipun tidak ada cara untuk menghentikan proses penuaan alami, kita bisa memperlambat dan memperbaiki tampilan kulit kendur dan kerutan yang terlihat dengan beberapa usaha. Selain melindungi kulit dari paparan sinar matahari, kulit berlebih dan kendur di leher serta rahang dapat diperbaiki dengan metode non-bedah atau operasi plastik di IORA Clinic.


Laser Endolift Lipolisis

Laser endolift lipolisis adalah salah satu treatment laser andalan di IORA Clinic. Laser lipolisis bekerja dengan minimal invasif yang dirancang untuk menghilangkan kelebihan lemak tubuh dan juga mengencangkan kulit yang mengendur. Laser endolift lipolsis mampu melarutkan lemak berlebih dengan cepat di area target seperti paha, perut, lengan, leher, dan bagian wajah lainnya, menggunakan prosedur luka kecil.


Keuntungan dari perawatan laser endolift lipolysis antara lain :

  • Volume jaringan subkutan yang dipanaskan dapat mengjangkau secara luas

  • Tidak mengganggu area lain selain area yang sudah ditargetkan

  • Ditangani oleh dokter sehingga aman, efektif, tanpa masa pemulihan yang lama


Cara kerja laser endolift lipolisis

Sebelum prosedur dilakukan, pasien akan diberikan krim anestesi dan juga anestesi lokal. Setelahnya, fiber laser yang sangat halus dimasukkan ke dalam area yang ditargetkan, di mana sinar laser akan membuat pembengkakan dan pecahnya adiposit (sel lemak). Ketika lemak sudah dilelehkan, lemak tersebut bisa diserap oleh tubuh atau dibuang oleh dokter. Dalam tiga atau empat bulan, hasil dari laser endolift lipolisis akan terlihat.


Penyebab dan cara mengatasi kulit kendur di leher. Penyebab dan cara mengatasi double chin dengan laser endolift lipolisis di IORA Clinic bersama dokter Edwin Tanihaha
Transformasi sebelum dan sesudah perawatan laser endolift lipolisis di IORA Clinic