Penyebab Timbulnya Freckles, Bintik Coklat di Kulit


Sekarang ini, freckles sering kali kita jumpai pada video tutorial makeup dari beauty influencer atau selebriti. Banyak orang memilih untuk menggambar freckles pada makeup agar terlihat lebih menarik dan kekinian. Meski begitu, tak jarang orang-orang memilih untuk menghilangkan freckles pada kulit asli atau bare face mereka. Nah, kamu penasaran gak sih, kenapa freckles bisa timbul di kulit?


Simak artikel ini sampai abis ya!



Mengenal freckles

Seperti yang sudah kamu lihat, freckles adalah nama dari kondisi kulit di mana terdapat bintik coklat yang biasanya lebih gelap daripada warna kulit asli seseorang. Lebih tepatnya, freckles adalah bercak pigmen yang ada di bawah kulit. Bercak coklat ini memiliki kategori, yaitu ephelides dan solar letigine. Bintik freckles biasanya timbul secara grup atau banyak di kulit wajah, tangan, leher, punggung, dan dada.


Penyebab timbulnya freckles

Secara umum, freckles bisa muncul ketika melanin, pigmen yang memberi warna pada kulit kita, menumpuk di bawah kulit. Bintik-bintik freckles pada sebagian orang mungkin terlihat coklat muda, sedikit merah, atau coklat pekat. Selain itu, penyebab timbulnya freckles bisa di dorong oleh beberapa faktor, seperti:


Paparan Sinar Matahari

Kamu sudah tau kan, kalau sinar matahari tidak hanya memberikan efek baik, tetapi juga bisa memberikan efek buruk, terutama pada kulit.


Jadi, ketika seseorang secara berlebihan terpapar sinar matahari, sel kulit akan menghasilkan melanin ekstra demi melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Inilah sebabnya bintik-bintik freckles muncul dan terlihat di beberapa area yang sering terpapar sinar matahari tanpa pelindung seperti wajah, punggung, lengan hingga dada.


Genetik

Tidak hanya faktor luar, genetik juga memainkan peran penting pada timbulnya freckles. Kondisi ini biasanya terjadi berdasarkan jenis melanin yang diproduksi tubuh seseorang. Tubuh dapat memproduksi dua jenis melanin yang disebut pheomelanin dan eumelanin. Eumelanin bisa melindungi kulit dari sinar UV, sedangkan pheomelanin tidak bisa. Jenis melanin yang diproduksi tubuh bergantung pada gen. Seseorang dengan warna rambut, mata, dan kulit gelap biasanya memproduksi lebih banyak eumelanin dan cenderung tidak mengalami freckles. Sedangkan seseorang dengan rambut merah, pirang, atau coklat muda dan yang memiliki kulit dan mata berwarna terang biasanya menghasilkan banyak pheomelanin yang memungkinkan untuk memiliki freckles pada kulit.


Perawatan menghilangkan freckles

Meski freckles tidak berbahaya, banyak orang merasa terganggu akan kehadiran bintik coklat pada kulit mereka. Freckles pada makeup mungkin terlihat unik, tetapi memiliki bare face yang bersih tanpa noda masih menjadi dambaan. Jika kamu terlanjur memiliki bintik coklat ini, IORA hadir untuk memberikan sebuah solusi, seperti :


Laser

Dengan perawatan berbasis cahaya khusus, laser bisa menjadi pilihan utama dalam mengatasi bintik coklat pada kulit. Teknologi laser ini memberikan gelombang energi ultra-pendek ke kulit dalam hitungan detik untuk menargetkan dan menghilangkan pigmen tanpa merusak kulit di sekitarnya.


Skincare khusus

Terkadang, melakukan satu perawatan saja tidak cukup untuk mengatasi beberapa kasus. Maka dari itu, diperlukan perawatan kombinasi atau tambahan seperti menggunakan skincare yang sudah diformulasikan oleh ahli seperti dokter profesional kami. Cepat atau tidaknya hasil seseorang akan berbeda dengan individu lainnya. Karenanya, konsistensi pasien sangat membantu proses ini.


Baca juga: Penyebab, Jenis dan Perawatan Hiperpigmentasi



Salah satu dokter spesialis kulit IORA, Indriana Pratiwi, Sp. DV berpesan, "Meskipun sinar matahari baik untuk memberikan vitamin D, terpapar sinar UV secara berlebihan juga bisa memberikan efek yang tidak menyenangkan seperti timbulnya freckles, penuaan kulit dini, hingga kanker kulit. Mengatasi freckles bukanlah hal yang mudah karena dibutuhkan beberapa usaha untuk menghilangkannya. Terkait hal ini, jangan lupa lindungi kulit dengan pakaian atau aksesoris yang ada. Jangan lupa juga aplikasikan kembali sunblock ketika memiliki kegiatan outdoor."



cara menghilangkan freckles, bintik coklat pada wajah. Perawatan laser di IORA Clinic oleh dr. Indriana Pratiwi.
Transformasi hasil perawatan freckles