Perhatikan 5 Perbedaan Kulit Sehat dan Kulit Tidak Sehat


Di era serba digital dengan banyaknya aplikasi yang menawarkan edit foto atau filter untuk mempercantik diri, nampaknya memiliki kulit sehat, bersih, dan bercahaya di dunia nyata masih menjadi dambaan semua orang. Ditambah, dengan munculnya tren glass skin yang memperlihatkan kulit nyaris sempurna tanpa "noda" seperti jerawat, kemerahan, dan juga pigmentasi, membuat hampir semua orang mulai melakukan perawatan kulit, terutama wajah.


Jika ingin memastikan bahwa skincare dan treatment Anda tidak sia-sia, ketahuilah tanda-tanda kulit sehat dengan yang (sedang) tidak sehat. Lihat dan rasakan kulit Anda untuk menentukannya, melalui:


1. Warna Kulit

Perlu diingat, semua warna kulit itu cantik. Tapi mari perhatikan kulit kita, apakah terlihat perubahan warna atau perbedaan pada area tertentu? Fakta pertama, kulit yang sehat seharusnya memiliki kulit merata tanpa kemerahan ataupun belang seperti dark spots.

Kulit sehat memiliki warna kulit yang konsisten. Ditambah, warna kulit yang merata menandakan bahwa kulit dirawat dengan baik, terlindungi dari sinar matahari dengan penggunaan tabir surya atau topi dan kacamata. Sedangkan kulit yang tidak sehat, cenderung terlihat memiliki bercak warna yang berbeda. Bercak ini bisa muncul sebagai bercak warna merah atau gelap. Salah satu tanda paling umum dari kulit yang tidak sehat adalah penggelapan yang berlebihan di sekitar mata, ataupun kemerahan dan kecoklatan pasca jerawat.


2. Tekstur Kulit

Kriteria selanjutnya yaitu dengan merasakan tekstur kulit. Umumnya, kulit sehat akan terasa halus dan lembut tanpa benjolan, jerawat, dan bintik-bintik kasar. Tekstur kulit yang buruk merupakan tanda kulit tidak sehat yang mudah ditentukan. Saat menyentuh dan merasakan kulit, kemungkinan Anda akan merasakan tekstur kulit yang kasar serta bergelombang. Kulit bergelombang bisa menjadi awal perkembangan jerawat, komedo baik itu blackhead dan juga whitehead. Jika Anda menemukan kondisi tekstur kulit kasar, artinya kulit Anda perlu dibersihkan secara teratur agar pori-pori tidak tersumbat. Jika tidak dibersihkan, pori-pori bisa mengembangkan sebum, yang merupakan hasil akumulasi minyak alami kulit yang rentan bercampur dengan kotoran hingga menghasilkan jerawat.


3. Sensasi Kulit

Selanjutnya, saat kondisi kulit Anda tidak sehat, biasanya kulit akan memberi sinyal yang bisa Anda rasakan seperti adanya sensasi gatal, tertarik pada kulit, perih bahkan sensasi terbakar. Ini adalah tanda-tanda pasti bahwa kulit membutuhkan perhatian lebih. Sensasi ini juga bisa terjadi ketika Anda mengaplikasikan produk baru yang dapat menyebabkan reaksi alergi.


Sebaliknya, jika kulit Anda dalam kondisi sehat dan baik-baik saja, kulit Anda akan terasa ringan dan nyaman.


4. Hidrasi Kulit

Kualitas atau kondisi kulit selanjutnya bisa diketahui melalui tingkat hidrasi kulit. Kulit sehat biasanya terasa dan terlihat terhidrasi sepenuhnya karena menghasilkan kulit yang terasa halus, lembap, serta kenyal. Namun, ketika kulit Anda sangat kering, bersisik, dan gatal, inilah cara kulit Anda memberi tahu bahwa hidrasi kulit Anda jauh dari kata cukup. Kulit kering di wajah akan sangat menonjol di area seperti sekitar bibir, di bawah dan di sekitar mata.


Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering Tahukah Anda, kulit perlu dilembabkan dengan benar dan tidak hanya mengaplikasikan pelembap eksternal seperti losion atau krim pelembab. Tubuh Anda juga harus bisa menjaga kulit tetap terhidrasi dari dalam. Inilah sebabnya mengapa asupan air sangat diperlukan.


5. Penampilan Kulit

Jika sudah mendapatkan warna kulit merata, bertekstur halus tanpa sensasi aneh, kulit sehat akan menampilkan kulit cerah dan bercahaya. Kulit cerah dan bercahaya bisa dicapai dengan perawatan kulit yang tepat, kebiasaan sehat, dan makanan yang memperkaya kulit secara alami. Berbeda dengan kulit yang sedang tidak sehat, kulit cenderung bertekstur kasar dengan warna kulit belang ataupun sensasi yang tidak nyaman, yang bisa membuat penampilan kulit terlihat kusam dan kelelahan.



Catatan: Melalui pengamatan yang sudah dilakukan berdasarkan tanda-tanda di atas, banyak masalah kulit tidak sehat yang bisa diperbaiki. Pembersihdan pelembab, makan makanan yang memberikan nutrisi pada kulit, peningkatan asupan air, dan memakai produk perawatan kulit berkualitas dapat akan membantu. Jika Anda memiliki masalah kulit dan dirasa tidak dapat menyelesaikannya sendiri, konsultasikanlah dengan dokter kulit. Seorang ahli bisa dengan mudah menentukan akar penyebab masalah dan menyarankan solusi yang tepat.


perawatan kulit sehat di IORA Clinic oleh dokter Edwin Tanihaha. Pejuang Jerawat.
Perawatan kulit sehat di IORA Clinic