Pilih Mana, Sunscreen SPF 30 atau SPF 50?


Memakai sunscreen pada pagi hingga siang hari menjadi sebuah kewajiban dalam rutinitas skincare. Apalagi kalau ada kegiatan outdoor, pemakaian sunscreen berulang penting dilakukan setiap 2-3 jam sekali.


Sekarang ini, produk sunscreen sangat mudah ditemukan dengan bentuk yang bervariasi. Mulai dari krim, stick, hingga spray yang bisa dibawa dan digunakan kembali setiap saat. Namun, tahukah kamu perbedaan SPF 30 dengan SPF 50? Kalau kamu bingung, simak artikel ini sampai habis ya!


Mengenal angka SPF pada suncreen

Kamu pasti sudah tidak asing dengan tulisan SPF yang diikuti oleh angka 15, 30, ataupun 50. Selain angka yang berbeda, apa sih perbedaan lainnya?


Pertama-tama kenali dulu apa itu SPF. SPF adalah singkatan dari kata Sun Protection Factor yang berarti seberapa baik atau kuat sunscreen tersebut melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.


Angka SPF pada sunscreen dimaksudkan untuk menginformasikan konsumen berapa lama dan kuat sunscreen tersebut menghalau radiasi UV matahari yang bisa menyebabkan kemerahan atau 'terbakar'. Singkatnya, kulit tanpa sunscreen akan terbakar sinar matahari setelah 15 menit, sedangkan kulit dengan sunscreen SPF 30 atau 50 akan membutuhkan waktu 30 (300 menit) atau 50 (500 menit) kali lebih lama untuk 'terbakar'.

Selain durasi, SPF juga mengacu pada seberapa banyak sinar UV diblokir oleh sunscreen. Dilampir pada laman cancer.org.au. sunscreen dengan SPF50 dapat menyaring atau memblokir 98% radiasi UVB, sedangkan sunscreen SPF30 bisa memblokir 96,7% UVB. Meski begitu, sunscreen SPF50 masih perlu diaplikasikan kembali jika sudah lebih dari 3 jam, terkena air ataupun keringat ya, beauties. Para ahli kulit juga merekomendasikan penggunaan tabir surya dengan SPF minimal 30 yang mampu 95% menghalangi UVB dari matahari.


Bagaimana cara memilih SPF sunscreen?

Meski semakin tinggi angka SPF akan memberikan perlindungan kulit yang semakin baik. Perlu dicatat bahwa tingginya SPF tidak menjamin perlindungan kulit akan optimal. Hal ini tergantung pada individu dan beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat efektivitas penggunaan tabir surya, seperti:

  • Cuaca

  • Jenis kulit

  • Cara mengaplikasikan sunscreen

  • Banyaknya suncreen

  • Faktor lingkungan

Menggunakan tabir surya dengan SPF 30 sudah cukup jika kamu hanya punya sedikit aktivitas di luar ruangan ataupun di tempat yang tidak banyak terkena sinar matahari. Sebaliknya, jika kamu pergi ke tempat terbuka seperti pantai, taman, atau tempat yang banyak terpapar sinar matahari lainnya, gunakanlah sunscreen dengan SPF 50. Jangan lupa untuk aplikasikan kembali setelah 3 jam ya!


Istilah-istilah pada sunscreen

  • Water resistant: Tahan air. Meski label mungkin menyatakan tabir surya akan tahan air selama 4 jam, sunscreen masih perlu diaplikasikan kembali setiap dua atau tiga jam untuk mempertahankan tingkat perlindungannya.

  • Board-spectrum: Tabir surya spektrum luas berarti mampu menyaring sinar UVA dan UVB.

  • Tanda '+': Tanda plus berarti 'lebih dari'. Misalnya, tabir surya SPF50+ setidaknya memberikan SPF60 dalam pengujian.


Bagaimana? Sekarang kamu sudah tau kan bedanya sunscreen SPF 30 dan SPF 50. Jika kamu ingin berpergian dan beraktivitas di luar ruangan untuk waktu yang lama, jangan lupa lindungi kulit dengan aksesoris seperti topi dan sun-glasses yaa.