Post-Inflammatory Erythema (PIE), Penyebab dan Perawatan Bekas Jerawat Kemerahan


Post-Inflammatory Erythema, atau yang biasa dikenal dengan singkatan PIE merupakan bekas luka inflamasi atau iritasi yang meninggalkan bercak merah dan pink pada kulit.


Apa itu Post-inflammatory Erythema (PIE)?

Ketika kulit terluka atau mengalami iritasi, kulit akan mengalami sebuah peradangan. Lalu, peradangan inilah yang menimbulkan kemerahan, hiperpigmentasi, ataupun bercak coklat dan hitam pada kulit. Lebih dari itu, peradangan tertentu dapat meninggalkan scars atau bolongan yang cukup dalam (bopeng) meski lesinya sudah bisa dikatakan sembuh.


Bercak atau tanda-tanda merah ini disebut dengan post-inflammatory erythema atau juga sebagai post-acne erythema (jika kondisi kulit ini disebabkan oleh jerawat inflamasi).


Biasanya, jerawat muncul di daerah wajah, bahu, punggung, leher, dan dada. Tidak hanya satu, ada banyak faktor penyebab jerawat, namun, penyebab utamanya adalah bertemunya bakteri dengan sel-sel kulit mati dan minyak yang terperangkap di pori-pori hingga menyebabkan peradangan atau inflamasi.


Selain itu, ada berbagai jenis lesi jerawat yang bisa diperparah oleh masalah hormon, obat-obatan tertentu, stress, make-up, dan beberapa faktor lain.

Baca juga: Definisi jerawat, penyebab, dan perawatannya


Penyebab Post-Inflammatory Erythema (PIE)

Menurut studi, setelah kulit mengalami peradangan, iritasi, atau luka, proses penyembuhan lesi akan dimulai. Studi menjelaskan bahwa proses penyembuhan kulit cukup kompleks karena memiliki setidaknya tiga langkah. Langkah pertama adalah peradangan, lalu pembentukan jaringan, dan pembentukan matriks.


Jadi, kenapa kemerahan pada kulit bisa terjadi? Dalam hal ini, post-inflammatory erythema terjadi karena aliran darah berhenti selama tahap peradangan. Lebih lanjut, peradangan, pelebaran pembuluh darah, dan kerusakan pada pembuluh darah tersebut merupakan penyebab utama timbulnya tanda merah dan pink pada permukaan kulit. Untuk sebagian orang yang memiliki kulit yang tipis atau warna lebih terang, kondisi erythema atau kemerahan ini dapat nampak lebih merah atau parah daripada orang lain.


Perawatan dan Treatment Post-Inflammatory Erythema (PIE)

Karena banyaknya permasalahan kulit yang bervariasi dan kompleks, IORA Dermatology Clinic menawarkan berbagai macam pilihan perawatan / treatment post inflammatory erythema (PIE) atau bekas jerawat merah, sesuai dengan kondisi kulit Anda atau permasalahan dasar dari kondisi PIE yang Anda alami.


Pure Toxin

Pure toxin adalah salah satu perawatan injeksi yang melibatkan penyuntikan ke dalam kulit Anda. Dalam kasus ini, pure toxin menjadi salah satu pilihan efektif yang berfungsi untuk meredakan kemerahan dengan aman. Pure toxin akan bekerja dengan cara memblokir sinyal saraf pada otot guna mengatasi kemerahan yang disebabkan oleh pembesaran pembuluh darah.


Pulse Dye Laser

Pulse dye laser merupakan pilihan lainnya untuk perawatan PIE. Pulse dye laser berfungsi untuk merawat dan mengobati berbagai kondisi kulit, mulai dari tanda-tanda penuaan, kemerahan hingga jerawat. Untuk kasus PIE, pulse dye laser akan bekerja dengan menargetkan pembuluh darah kecil di bawah permukaan kulit Anda yang menjadi permasalahaan utama erythema.


Flash Lamp

Selain pilihan yang sudah disebutkan, flash lamp atau Intense Pulsed Light juga menjadi perawatan unggulan dalam menangani permasalahan PIE. Perawatan flash lamp ini memiliki fungsi untuk memperbaiki warna sekaligus tekstur kulit Anda. Selain itu, flash lamp juga mampu menangani berbagai kondisi kulit secara bersamaan seperti kemerahan, jerawat, darkspots, kerutan, dan lainnya.




Untuk mengetahui treatment apa yang sesuai, datang dan konsultasikanlah permasalahan Anda dengan dokter kami agar mendapatkan hasil terbaik.




treatment PIE, post inflammatory erythema. Perawatan bekas jerawat merah. dokter Edwin Tanihaha. IORA Dermatology Clinic
Treatment Post inflammatory erythema oleh dr.Edwin Tanihaha, Sp. KK, Dip. AAAM, MHKes, FKCCS di IORA Clinic