Tips and Trick Melakukan Skinvestment Menurut Dokter Kulit


Karena kulit merupakan organ terbesar sekaligus pelindung terbesar yang dimiliki oleh manusia, maka dari itu, menjaga dan memelihara kesehatan kulit menjadi sebuah kewajiban yang tidak boleh disepelekan. Sama seperti tubuh yang membutuhkan makanan, kulit manusia perlu diasupi oleh perhatian dan juga perawatan.


Melakukan perawatan kulit sebenarnya bisa kita lakukan dari hal-hal sederhana seperti minum lebih banyak air putih, mangonsumsi makanan sehat, memiliki jam tidur yang baik, tidak malas membersihkan wajah dari debu ataupun riasan, dan juga melakukan rangkaian skincare rutin. Hal-hal sederhana ini pun sudah bisa dikatakan investasi yang kita berikan untuk kulit di masa sekarang hingga masa depan. Pertanyaanya, apa itu skinvestment?


Kata skinvestment itu sendiri merupakan gabungan dari skin (kulit) dan investment (investasi) yang memiliki arti sebuah usaha atau proses menginvestasikan waktu, uang hingga tenaga pada rutinitas perawatan kulit untuk menghasilkan kulit yang lebih bersih, cerah, dan juga sehat. Lalu, bagaimana kita memulai skinvestment?


Sebenarnya, melakukan skinvestment bisa dimulai ketika seseorang memasuki usia belasan tahun. Seiring berjalananya waktu, tidak hanya melakukan rutinitas basic, rutinitas advance juga perlu dilakukan guna menunjang hasil yang lebih maksimal seperti menghilangkan kerutan atau cekungan pada wajah.


Untuk memaksimalkan hasil, rutinitas skinvestment menurut dokter kulit bisa dibagi menjadi tiga, yaitu rutinitas daily (harian), weekly (mingguan), dan juga monthly (bulanan).


Daily Skinvestment Routine

Rutinitas harian ini pasti sudah banyak dilakukan oleh hampir semua orang, diantaranya:

  • Memakai milk, oil, atau balm cleanser sebelum mencuci muka, apalagi setelah melakukan aktivitas di luar rumah dan memakai riasan tebal. First cleansing berfungsi untuk mengangkat kotoran yang melekat pada kulit lapiran luar.

  • Menggunakan face wash setelah membersihkan wajah dengan first cleanser, mencuci muka dengan face wash juga perlu dilakukan demi membersihkan kotoran yang masih tersisa.

  • Membersihkan kembali dengan toner mampu menghilangkan kotoran dan minyak yang sekiranya masih tertinggal di wajah dengan tuntas.

  • Aplikasikan serum setelah toner untuk memperbaiki kulitas kulit dan membantu meregenerasi kulit.

  • Tambahkan moisturizer berupa daily atau night cream untuk membuat lapisan proteksi dan juga melembapkan kulit.

  • Lindungi kulit dengan sunscreen sebagai penangkal jahatnya sinar matahari serta menghindari kulit dari penuaan dini.


Weekly Sknivestment Routine

Setelah melakukan daily routine, weekly routine juga perlu dilakukan demi memaksimalkan hasil, hal yang bisa dilakukan dalam perawatan mingguan adalah:

  • Memakai masker wajah satu kali seminggu, seperti clay, mud, peel off, wash off hingga sheet mask sesuai dengan kebutuhan kulit.

  • Melakukan infus vitamin dua minggu sekali, tidak hanya perawatan dari luar, perawatan dari dalam juga diperlukan dalam rutinitas skinvestment.


Monthly Skinvestment Routine

Bisa dikatakan bahwa daily dan weekly routine merupakan rutinitas dasar yang telah banyak diterapkan oleh banyak orang, lalu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan atau dimasukan dalam daftar rutinitas bulanan Anda untuk meningkatkan level rutinitas skinvestment, seperti:


  • Melakukan eksfoliasi kulit yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang masih tertinggal di permukaan kulit. Jika dibiarkan, sel-sel kulit mati akan menimbulkan permasalahan baru seperti wajah kusam hingga jerawat.

  • Facial wajah Anda menjadi opsi terbaik ketika terdapat komedo ataupun calon-calon jerawat. Perlu diperhatikan, lakukanlah facial wajah dengan bantuan profesional agar terhindar dari permasalahan lain.

  • Rutin perawatan laser jika Anda menginginkan perawatan agresif dan hasil yang instan. Faktanya, perawatan laser terbukti mampu menuntaskan beberapa permasalahan kulit wajah.

  • Salmon DNA bisa jadi pilihan Anda jika ingin menaikkan level skinvestment. Selain memberikan hasil instant, perawatan ini mampu menunjang penampilan Anda menjadi lebih kenyal, bersih dan juga sehat.


Setelah mengetahui rutintas skinvestment yang sudah dituliskan, sudahkah Anda melakukannya? Jangan lupa juga bahwa gaya hidup turut berperan besar dalam proses skinvestment ini. Jadi, lakukanlah skinvestment serta jagalah gaya hidup Anda agar mendapatkan hasil maksimal seperti yang Anda harapkan.