5 Kesahalan dalam Rutinitas Skincare


Bukan perkara mudah, melakukan rutinitas skincare bisa jadi sebuah boomerang jika kita tidak memperhatikan hal-hal yang perlu dihindari. Mulai dari asal memilih produk yang tidak sesuai, sampai dengan melakukan kebiasaan yang membuat skincare tidak bekerja seperti yang seharusnya. Apa saja ya? Yuk cari tahu apa saja kesalahan-kesalahan yang harus dihindari dalam rutinitas skincare.


1. Memakai produk yang tidak sesuai dengan jenis atau tipe kulit

Menggunakan skincare yang tidak sesuai jenis atau tipe kulit sering kali menjadi kesalahan yang banyak orang alami. Pastikan untuk mengenali dan mengetahui kebutuhan kulit kamu. Perhatikan apakah kulit kamu kering, berminyak, atau kombinasi. Jika kamu memiliki masalah kulit seperti jerawat, ada baiknya untuk fokus mengobati jerawat terlebih dahulu. Perlu diingat, tidak semua produk skincare yang ada di etalase toko bisa dijadikan "obat" untuk jerawat. Jadi, periksakanlah kulit kamu ke ahli untuk mengatahui diagnosis yang tepat.


Efek buruk yang bisa terjadi jika kulit tidak cocok dengan sebuah produk adalah kemerahan, pengelupasan, terasa perih ataupun panas.


2. Terlalu sering melakukan eksfoliasi kulit

Melakukan pembersihan kulit dari sel-sel kulit mati memang perlu, jika tidak dibersihkan, sel kulit mati bisa menumpuk yang bisa menyebabkan kulit kusam dan jerawat. Di situasi ini, eksfoliasi kulit bermanfaat untuk mengelupaskan dan membersihkan sel-sel kulit mati. Meski begitu, dokter kulit tidak menyarankan eksfoliasi kulit terlalu sering, baik itu menggunakan alat ataupun chemical. Terlalu sering mengeksfoliasi kulit menyebabkan hilangnya kelembapan esensial kulit hingga membuat kulit lebih rentan terhadap infeksi, penyumbatan pori-pori, dan radikal bebas.


Menurut ahli, eksfoliasi kulit, terutama menggunakan chemical, baiknya dilakukan 3 minggu sekali.


3. Memencet jerawat sembarangan

Memiliki jerawat memang menyebalkan, maka dari itu, memencet jerawat menjadi aktivitas yang sangat menggoda untuk dilakukan. Jika ingin menghindari peradangan dan bekas jerawat yang membandel, sebaiknya kamu tidak memencet jerawat sembarangan, apalagi dengan tangan kotor. Memaksa jerawat keluar akan memecahkan lesi yang ada di bawah kulit yang nantinya menyebabkan kondisi kulit seperti bopeng. Pergilah ke dokter kulit untuk mendapatan penanganan dengan baik dan tepat.


Karena bopeng tidak mudah diatasi, jarang sekali atau bahkan tidak ada skincare yang bisa mengangkat kembali permukaan kulit yang sudah rusak, maka dari itu, hindari kebiasaan memencet jerawat, ya!


Baca juga: Alasan Mengapa Jerawat Tidak Boleh Asal Dipencet


4. Tidur terlalu malam atau begadang

Setelah seharian bekerja ataupun melakukan aktivitas di luar rumah, tidak sedikit orang memilih untuk menjelajah di dunia maya ataupun menghibur diri dengan Netflix hingga larut malam. Meskipun butuh waktu me time, tidur cukup sangat diperlukan untuk membantu dan meningatkan fungsi skincare yang kita gunakan. Kurang tidur akan membuat kulit terlihat kusam, dehidrasi, dan juga kehilangan cahaya. Usahakan memilik 7 sampai 8 jam untuk tidur, dan pastikan tidak lebih dari jam 10 malam.


5. Mengonsumsi banyak junk food

Apa yang masuk ke dalam tubuh kamu tidak hanya menghasilkan kelebihan lemak di sekitar perut, tetapi juga terlihat pada kesehatan kulit dan rambut kamu. Faktanya, makanan tertentu dapat menyebabkan jerawat, ataupun dapat membantu menghilangkan beberapa kondisi. Dan terkadang, pola makan yang tidak seimbang juga bisa membuat kita menua sebelum waktunya. Itu sebabnya, jika kamu tidak makan dengan benar dan tidak sesuai, tidak menutup kemungkinan kulit akan cenderung keriput. Selain itu, makan terlalu banyak gula bisa menyebaban kolagen dan jaringan elastis kaku dan juga menyebabkan kerutan.



Bagaimana? melakukan rutinitas skincare bukan perkara yang mudah bukan? Tidak hanya mengaplikasikan toner, serum, moisturizer dan yang lainnya, hasil dari rutinitas skincare kita juga bergantung pada gaya hidup yang kita jalani, lho. Yuk mulai memperhatikan hal lainnya, seperti jam tidur dan juga makanan.