Kemerahan dan Spider Veins di Wajah? Ini Penyebab dan Solusinya


Selain jerawat, kulit kasar, dan kulit kusam. Kemerahan dan spider veins menjadi salah satu jajaran paling atas dalam kondisi kulit yang mengganggu penampilan. Meskipun tidak berpengaruh pada kesehatan keseluruhan, namun banyak orang mengeluhkan hal ini. Sebenarnya, apa itu spider veins? mengapa muncul dan bagaimana menghilangkannya?


Mengenal spider veins pada wajah

Spider veins adalah kondisi yang mengacu pada semburat "jaring" berwarna merah, ungu, atau biru yang muncul dan terlihat pada permukaan kulit. Bisa hadir di mana saja, spider veins juga diketahui bisa terjadi di permukaan kulit wajah yang banyak dikeluhkan oleh beberapa orang.


Dalam bahasa medis, spider veins disebut sebagai telangiectasia (telangiektasia), yaitu pembuluh darah yang melebar atau pecah yang terletak di dekat permukaan kulit atau selaput lendir. Telangiectasia ini sering muncul sebagai garis merah muda atau merah halus yang bisa memutih sementara ketika ditekan.


Penyebab munculnya spider veins

Pada umumnya, terdapat banyak penyebab telangiektasia yang berbeda. Salah satunya adalah penyakit jaringan ikat. Selain itu, orang berkulit terang kemungkinan akan mengalami kondisi ini di area wajah atau tubuh yang memiliki kerusakan kronis seperti pecahnya pembuluh darah kecil akibat paparan sinar matahari.


Ditambah, wanita hamil dan orang-orang dengan salah satu kondisi berikut lebih mungkin untuk mengalami telangiectasias:

  • rosacea

Seseorang yang mengalami rosacea sub type 1 - eritematotelangiektasis cenderung menimbulan spider veins bersamaan dengan rona merah (eritema). Selain itu, papula, pustula dan kulit terasa perih atau terbakar terkadang menghampiri tipe rosacea ini.

  • penggunaan krim topikal tertentu


Faktor risiko

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami spider veins termasuk:

  • Genetik: Hampir sembilan puluh persen orang dengan telangiektasia memiliki riwayat keluarga.

  • Wanita: Pembuluh darah laba-laba cenderung lebih sering dialami oleh wanita daripada pria.

  • Tekanan berlebih di wajah: Ini bisa disebabkan oleh batuk, bersin, atau muntah yang kuat. Beberapa wanita mungkin mengalami spider veins di wajah setelah "mendorong" ketika melahirkan.

  • Kerusakan akibat sinar matahari (sun damage): Sinar ultraviolet dari matahari dapat merusak kulit dan menyebabkan pecahnya pembuluh darah atau telangiektasia, terutama pada wajah.


Perawatan spider veins

Jika Anda pergi ke IORA Clinic dan bertanya bagaimana cara menghilangkan spider veins, dokter kami akan menawarkan pilihan, di antaranya :


Baby Botox

Baby botox melibatkan injeksi pada area tertentu yang nantinya mampu meredakan eritema atau kemerahan dan juga semburat jaring dalam beberapa hari setelah melakukan prosedur.


Perawatan Laser

Memanfaatkan energi gelombang cahaya, laser bertujuan untuk memanaskan protein yang bertanggung jawab atas warna merah darah secara selektif dan menutup pembuluh darah yang melebar. Jadi, telangiektasia wajah superfisial dapat dirawat dengan laser.


Catatan: Dokter akan menyarankan perawatan apa yang bisa dipilih tergantung pada kondisi individu. Beberapa kasus spider veins bisa dihilangkan dengan satu treatment dan beberapa kasus lainnya perlu melakukan perawatan kombinasi.


Tips mencegah spider veins dan kemerahan

Jika Anda tidak mengalami kondisi spider veins, dan ingin menghindarinya. Berikut adalah tips dalam mencegah spider veins dan kemerahan pada wajah yang bisa Anda lakukan :

  • Lindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan mengoleskan tabir surya, dan memakai kacamata hitam serta topi jika berkegiatan di luar ruangan.

  • Gunakan pembersih kulit yang ringan (tanpa pewarna atau pewangi).

  • Minimalkan paparan suhu panas atau dingin yang ekstrem.

  • Hindari penggunaan steroid topikal.