Haruskah Pakai Sunscreen ketika Jerawatan? Simak Ulasan Dokter


Kalau jerawat datang menyerang, sebagian orang menjadi malas untuk melakukan rutinitas skincare, termasuk mengaplikasikan sunscreen karena beberapa alasan. Sebenarnya, kalau lagi jerawatan haruskah kita memakai suncreen? Simak artikel ini sampai habis ya!


Sunscreen dan Jerawat

Tidak ada kata "jika" dan "tetapi", memakai sunscreen merupakan hal wajib yang tidak boleh dilewatkan, khususnya bagi kamu yang memiliki kegiatan di luar ruangan ketika siang hari. Ada atau tidak adanya jerawat, dokter kulit menyarankan untuk tetap menggunakan sunscreen guna melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV. Sebelumnya, sudah sering kita dengar alasan orang tidak memakai sunscreen karena cuaca tidak terlalu terik. Faktanya, ahli kulit menyarankan untuk tetap mengaplikasikan sunscreen meskin berada di dalam rumah ataupun mobil yang memiliki banyak jendela terbuka.



Apakah sunscreen menyebabkan jerawat?

Beberapa produk sunscreen mungkin sering membuat beberapa jenis kulit menjadi lebih berminyak dan kusam, meski begitu, sunscreen berperan penting dalam melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang mendorong terbentuknya garis-garis halus tanda penuaan, kerutan, hiperpigmentasi, sampai kanker kulit.


Banyak orang beranggapan bahwa sunscreen akan menyumbat pori-pori, tetapi sebenarnya tidak. Saat kamu tidak mengaplikasikan sunscreen, sunburn akan terjadi. Dalam kondisi ini, sinar matahari bisa membakar jerawat hingga menyebabkan peningkatan produksi minyak. Meningkatnya produksi minyak inilah yang membuat jerawat muncul lebih banyak. Selain itu, kulit tanpa sunscreen berpotensi mengalami iritasi dan juga kemerahan.


Bagian terpentingnya adalah, bekas jerawat yang tidak terproteksi sunscreen dapat menggelap dan lebih parah. Hal ini disebabkan sinar matahari akan mendorong produksi melanin, yang semakin lama semakin menumpuk dan berakhir menjadi hiperpigmentasi.


Cara memakai sunscreen ketika jerawatan

Perlu dicatat, penggunaan sunscreen tidak diperlukan ketika kamu yakin tidak terpapar sinar matahari, seperti berada dalam ruangan yang minim jendela. Lalu, ketika kamu sedang berjerawat dan harus beraktivitas di bawah sinar matahari, baiknya kamu mengaplikasikan sunscreen dengan memperhatikan beberapa hal ini:

  • Oles sunscreen secara merata, tipis, dan lembut

  • Pastikan memilih sunscreen bertekstur ringan

  • Fragrance-free

  • Berformulasi non-comedogenic

  • Besihkan wajah atau cuci muka setiap 2 - 3 jam sekali sehabis memakai sunscreen demi mencegah minyak berlebih

Sekarang ini sudah banyak jenis sunscreen untuk kulit berjerawat yang terasa ringan dan tidak memicu pertumbuhan jerawat. Jadi, jangan coba-coba untuk melewatkan penggunaan sunscreen ketika siang hari ya!


Kapan harus ke dokter?

Kalau kamu masih ragu dan tidak yakin untuk menggunakan sunscreen ketika berjerawat, kamu bisa datang dan konsultasikan permasalahan kulit kamu bersama dokter kami. Jika jerawat yang kamu alami tak kunjung membaik, ada baiknya segera periksakan diri agar mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai.