Hindari 5 Kesalahan ini Ketika Mencuci Wajah

Mencuci wajah menjadi salah satu kegiatan skincare rutin yang tidak boleh terlewat. Tidak hanya menyegarkan, mencuci muka sangat berguna untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di kulit


Hingga saat ini, masih banyak yang mengira bahwa mencuci wajah adalah hal sepele. Sejak dini, kita diajarkan bahwa mencuci muka dengan sabun dan air bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Meski begitu, tidak banyak yang sadar bahwa terdapat beberapa kesalahan yang mungkin sering dilakukan ketika mencuci wajah.


Yuk, simak artikel ini sampai habis. Jangan sampai Kamu melakukan 5 kesalahan ini ya!


#1. Tidak membersihkan tangan

Sebelum mencuci wajah, baiknya perhatikan dahulu kebersihan tangan kamu. Hal ini dikarenakan kuman berbahaya bisa berpindah ke wajah ketika kamu mengabaikan keadaan tangan yang kotor. Faktanya, telapak tangan merupakan anggota tubuh di mana kuman dari berbagai permukaan benda seperti handphone, meja, gagang pintu, dan lainnya berkumpul menjadi satu. Jadi, mencuci tangan secara menyeluruh harus menjadi langkah pertama sebelum mencuci wajah ya!



#2. Menggunakan air panas

Menggunakan air yang terlalu panas ketika mencuci wajah ataupun mandi tidak direkomendasikan. Perlu diketahui bahwa kulit wajah sedikit lebih sensitif dan air panas dapat menghilangkan minyak yang membantu menjaga kualitas kulit. Ketika menggunakan air panas terlalu sering, kulit akan menjadi lebih kering, gatal, dan bersisik. Meski begitu, air yang terlalu dingin juga tidak bisa membuat pori-pori kulit terbuka. Untuk hasil terbaik, gunakan air hangat suam-suam kuku.



#3. Tidak menghapus riasan wajah

Meskipun mencuci muka dapat membantu menghilangkan kotoran, debu, dan minyak berlebih pada kulit, bukan berarti menghapus makeup dengan sabun dan air saja cukup. Mencuci muka tanpa menghapus makeup dapat menghambat kinerja pembersihan itu sendiri. Maka dari itu, jika kamu menggunakan makeup tebal atau pergi ketempat penuh polusi, ada baiknya bersihkan wajah dengan milk atau oil cleanser terlebih dahulu sebelum membilasnya dengan sabun dan air.



#4. Terlalu sering

Umumnya, mencuci muka dengan sabun dapat dilakukan dua kali dalam satu hari. Hal ini dikarenakan mencuci wajah lebih dari dua kali sehari dapat membuat kulit menjadi kering. Ketika kulit kering, minyak akan diproduksi lebih banyak untuk mengimbanginya. Jadi, bilaslah wajah setelah kotoran dan polutan menumpuk sepanjang waktu. Jika memang kamu perlu mencuci wajah lebih dari dua kali, jangan lupa aplikasikan moisturizer untuk menjaga kelembapan kulit.


#5. Menggunakan pembersih yang kurang tepat

Sampai dengan hari ini, ada banyak pembersih yang berbeda dan dibuat untuk setiap jenis kulit. Apa yang cocok untuk satu orang mungkin tidak cocok untuk orang lain. Nah, dengan banyaknya pembersih yang tersedia, kamu harus mengenali jenis kulit dan apa yang memang dibutuhkan. Misalnya, pembersih yang menghidrasi dan lembut cocok untuk kulit sensitif dan kering, sedangkan pembersih berbusa atau berbasis asam salisilat cocok untuk kulit berminyak atau berjerawat.



Itulah 5 kesalahan umum yang tanpa sadar sering dilakukan oleh banyak orang ketika mencuci muka. Jika kamu masih melakukan salah satu diantaranya, dan memiliki kondisi kulit yang tidak kunjung membaik, mungkin sudah waktunya kamu meninjau kembali bersama dengan seorang ahli.