Perbedaan Skincare Drugstore dengan Skincare dari Dokter


Kamu mungkin berpikir semakin terkenal sebuah brand skincare, maka semakin bagus hasil yang didapatkan. Eits, tunggu dulu, faktanya, keberhasilan sebuah skincare umumnya terletak pada ketepatan dan kecocokan kandungan di kulit individu lho, beauties.


Pasalnya, masih banyak orang yang ikut-ikutan iklan (FOMO alias Fear of Missing Out) ataupun tren di sosial media untuk membeli produk skincare tanpa memahami fungsi kandungan dan apa yang sebenarnya kulit butuhkan. Kalau kulit kamu sedang 'bermasalah' seperti breakout, rosacea, atau dermatitis seboroik, ada baiknya kamu selesaikan dulu permasalahannya dengan dokter kulit sebelum bereksperimen dengan skincare drugstore.


Artikel kali ini akan membahas perbedaan antara skincare yang biasa kamu beli di drugstore dengan skincare yang diracik oleh dokter kulit.


Formulasi kandungan

Seperti yang sudah diketahui, skincare drugstore memang dirancang agar mudah ditemukan dan dibeli secara bebas tanpa resep atau rekomendasi dari dokter. Maka dari itu, umumnya, skincare drugstore memiliki formulasi dengan dosis yang lebih rendah yang cocok untuk semua jenis kulit daripada produk yang diformulasikan khusus oleh dokter ahli bersetifikat. Beberapa formula rendah bisa jadi cocok bagi seseorang yang tidak memiliki kondisi kulit tertentu, dan bisa jadi kurang dalam memenuhi kebutuhan kondisi kulit tertentu. Dalam hal ini, biasanya produk skincare yang diformulasikan oleh dokter ahli mampu memenuhi kebutuhan kulit hingga lapisan kulit tertentu dengan konsentrasi kandungan yang lebih tinggi.


Pengawasan

Berbeda dengan skincare drugstore yang tidak mempunyai pengawasan khusus, skincare yang direkomendasikan oleh dokter kulit sudah pasti akan diawasi pemakaiannya. Mulai dari bahan yang sesuai, hingga takaran yang tepat untuk mengatasi kondisi kulit kamu. Terlebih, dokter tahu kapan harus mengganti atau memberhentikan pemakaian produk agar manfaatnya efektif pada kulit. Kalau kamu bereksperimen dengan produk drugstore, setidaknya kamu perlu melakukan riset mendalam terkait bagaimana, dan kapan kandungan tertentu digunakan. Jangan langsung beli apa kata orang ya, beauties.



Meski terlihat sederhana, sebenarnya pemilihan produk skincare sangatlah rumit. Semua orang pasti menginginkan yang terbaik untuk kulit mereka, ingin merasakan punya kulit yang sehat, bersih, dan juga indah tanpa harus mengalami breakout. Kalau kamu masih bingung, berikut beberapa keuntungan jika kamu memilih produk skincare yang diformulasikan oleh dokter kulit :


  • Konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi

  • Didukung oleh penelitian klinis

  • Diformulasikan oleh para profesional



Dengan banyaknya pilihan skincare drugstore, beberapa orang akan sulit menemukan produk skincare yang tepat. Sedangkan produk skincare yang direkomendasikan oleh dokter kulit atau ahli, sudah pasti akan disesuaikan dengan diagnosa ataupun kebutuhan dan juga kondisi kulit kamu, seperti jerawat batu, eksim, rosacea, dan lainnya.