Rangkaian Perawatan Kulit Pria Menurut Dokter


Dalam melakukan perawatan kulit atau rutinitas skincare, para pria cenderung menyukai langkah-langkah mudah dan sederhana. Sekarang ini, banyak pria mulai menyadari pentingnya perawatan kulit agar kulit lebih sehat, segar, dan juga tampak lebih muda.


Beberapa penelitian menyatakan, dibandingkan dengan para wanita, kulit pria memiliki lebih banyak kolagen dan elastin yang membuat kulit pria lebih tebal dan kencang. Karena hal ini, tanda-tanda penuaan kulit pada pria cenderung muncul lebih lambat dari pada wanita.


Meskipun begitu, para pria tetap harus melakukan dasar perawatan kulit yang sama seperti wanita. Menurut dokter kulit, ada beberapa langkah yang sebaiknya dilakukan dalam rutinitas skincare pria, di antaranya:


1. Mengenal dan mengetahui jenis kulit

Hal utama dan yang paling penting adalah mengidentifikasi jenis kulit apa yang dimiliki. Tidak hanya wanita, pria pun harus mengetahui jenis kulitnya untuk memudahkan langkah-langkah berikutnya.

  • Kulit sensitif biasanya ditandai dengan sensasi menyengat atau terbakar setelah menggunakan produk perawatan kulit

  • Kulit normal ditandai dengan kulit bersih, tidak terlalu licin atau mengkilap, tidak sensitif dan juga tidak kering

  • Kulit kering seringnya terasa bersisik atau kasar, suka mengelupas sampai dengan sensasi gatal

  • Kulit berminyak akan terlihat sering mengkilat karena berminyak

  • Kulit kombinasi diidentifikasikan memiliki kulit kering di beberapa area dan berminyak di area lain


2. Memperhatikan produk skincare yang akan digunakan

Jika sudah mengetahui jenis kulit, saatnya memilih produk perawatan kulit yang sesuai!


  • Untuk kulit yang mudah berjerawat (acne-prone skin), carilah pembersih dan pelembab yang bertuliskan “oil free” (bebas minyak) atau “non-comedogenic". Pasalnya, kulit yang mudah berjerawat perlu produk skincare yang tidak menyumbat pori-pori.

  • Seseorang yang memiliki kulit sensitif, baiknya gunakan produk “fragrance free” (bebas pewangi) dan yang mengandung bahan ringan. Produk yang mengandung wewangian harus dihindari karena bisa membuat kulit iritasi dan bertambah kering.


3. Rutin cuci muka setiap hari dan sehabis berolahraga

Sama seperti produk skincare lainnya, sabun cuci muka yang dipakai bisa disesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulit. Meski terlihat sepele, rutin mencuci muka setidaknya dua kali dalam satu hari bisa membantu merontokkan kotoran-kotoran yang menempel pada kulit setelah seharian beraktivitas. Selain itu, jangan lupa mencuci wajah sesegera mungkin setelah berolahraga dan berkeringat. Gunakan air hangat, ataupun air dingin dalam membilas sabun pada kulit wajah. Pijat lembut kulit sampai bersih dan tidak ada lagi residu.


4. Lembapkan kulit dengan moisturizer

Setelah membersihkan wajah secara menyeluruh dengan sabun cuci muka, menjaga kelembapan kulit sangat penting agar kulit tetap lembut dan kenyal. Moisturizer pada rutinitas skincare bekerja mempertahankan air atau hidrasi dalam kulit yang membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan membuat kulit terlihat lebih cerah dan lebih muda. Untuk hasil terbaik, oleskan pelembab ke wajah dan tubuh segera setelah mandi ataupun bercukur saat kulit masih lembap.


5. Gunakan sunscreen ketika beraktivitas di luar ruangan

Agar terhindar dan meminimalisir kerusakan akibat sinar matahari yang dapat memunculkan kerutan, bintik-bintik penuaan dan bahkan kanker kulit, sangat penting mengoleskan tabir surya/sunscreen sebelum pergi ke luar ruangan ke kulit wajah, leher, tangan, dan area yang tidak terlindungi oleh baju. Untuk perlindungan terbaik, gunakan tabir surya minimal SPF 30 atau lebih tinggi dan aplikasikan kembali setiap dua jam atau segera setelah berenang atau berkeringat.


6. Lakukan eksfoliasi kulit

Tidak untuk dilakukan setiap hari, eksfoliasi bisa dilakukan beberapa minggu atau satu bulan sekali sebagai salah satu dasar rutinitas perawatan kulit. Tujuan dari ekfsoliasi kulit adalah menghancurkan sekaligus membuang semua kotoran dan minyak yang menumpuk di wajah. Jika dibiarkan, kotoran dan minyak di kulit dapat memicu pertumbuhan komedo serta membentuk lapisan kulit mati yang membuat kulit tampak kusam dan bertekstur kasar. Dalam perawatan kulit, ekfoliasi berguna untuk menghasilkan kulit yang halus dan sehat.


Di IORA Clinic, kami menyediakan chemical peeling dengan kandungan yang baik untuk membuang sel kulit mati dan kotoran yang tertinggal di kulit tanpa pengelupasan ataupun masa pemulihan. Sehingga, chemical peeling kami baik dilakukan kapanpun karena aman, cepat, dan dengan pengawasan profesional.



Itu dia 6 langkah dasar perawatan kulit yang setidaknya dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit. Meski ada sedikit perbedaan antara kulit pria dan wanita, kulit pria tetap harus dijaga dan juga diperhatikan secara menyeluruh. Jika mengalami kondisi kulit yang tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter terdekat.