5 Alasan Skincare Kamu Kurang Efektif Memberikan Hasil


Dalam memenuhi kebutuhan kulit harian, rutinitas penggunaan skincare sangatlah penting. Mulai dari mencuci wajah dengan sabun cuci muka, toner, serum, moisturizer, sampai dengan masker kulit wajah. Meski sudah rutin memakai skincare, nyatanya masih banyak yang merasa kulit mereka tak kunjung membaik. Kok bisa? Kita bahas alasan kenapa skincare tidak memberikan efek, yuk!


#1. Kurang mengerti kebutuhan kulit

Banyaknya produk skincare yang muncul dan mudah didapatkan membuat orang-orang bereksperimen dengan mencoba semua produk, terutama yang viral tanpa mengetahui kebutuhan kulit yang sebenarnya. Apakah kamu salah satu di antaranya? Kalau iya, baiknya kamu menghentikan perasaan FOMO ini dan mulai mencari tahu apa yang sebenarnya kulit butuhkan. Tidak mudah, untuk mengetahui kebutuhan kulit, kamu perlu memperhatikan betul jenis kulit dan juga tanda-tanda masalah kulit yang muncul.


#2. Memilih produk atau bahan yang tidak tepat

Nah, kalau dari awal sudah gagal mengerti kebutuhan kulit, maka memilih produk atau bahan kandungan yang tidak tepat bisa jadi alasan kedua kenapa skincare yang kamu pakai tidak efektif memberikan hasil. Mengatasi masalah ini, pastikan kamu melakukan riset tentang ingredients dan juga manfaat apa yang diberikan untuk kulit sebelum memutuskan untuk membelinya. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan kulit atau cuma termakan hype dari sosial media?


#3. Dosis dalam kandungan skincare rendah

Alasan selanjutnya adalah dosis yang rendah atau kurang kuat dalam memenuhi kebutuhan kulit. Karena produk skincare yang bisa ditemukan dalam konter dibuat untuk umum, terdapat kemungkinan hasilnya terasa kurang efektif bagi sebagian orang yang memiliki kasus spesial atau yang lebih berat. Tidak bisa disamaratakan, seseorang dengan kondisi kulit tertentu membutuhkan takaran dosis yang lebih kuat dan akurat untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada.


Baca juga: Perbedaan Skincare Drugstore dengan Skincare dari Dokter


#4. Tidak menyeimbangkan dengan gaya hidup yang baik

Benar bahwa rutinitas skincare merupakan hal penting untuk dilakukan dalam menjaga kesehatan kulit, meski begitu, jangan sampai hanya fokus pada sisi luar dan melupakan bagian penting lainnya ya! Menjaga pola hidup agar menyeimbangkan usaha yang telah dilakukan dari luar juga tak kalah penting; mulai dari menerapkan jam tidur teratur di bawah jam 10 malam, mengurangi konsumsi gula dan kafein, sampai dengan berolahraga.


#5. Sudah waktunya kulit mendapatkan perawatan lanjut

Kalau kamu sudah merasa lelah akan hasil yang tak kunjung memuaskan, mungkin sudah saatnya kamu melakukan perawatan lanjut dengan ahli. Karena terkadang, pemakaian skincare topikal yang dibeli di konter saja tidak cukup untuk mengatasi beberapa kasus. Melalui konsultasi dengan ahli, kamu akan direkomendasikan beberapa terapi sesuai dengan kebutuhan dan juga hasil yang akan dicapai.


Selain 5 alasan yang sudah dijabarkan, dr. Jessie Lie, Sp.KK juga memaparkan bahwa keberhasilan skincare bisa dicapai dengan memperhatikan hal-hal penting lainnya, "Jika dirasa pemakaian skincare sudah tepat dan sesuai, mungkin ada beberapa faktor lain yang membuat hasilnya tidak signifikan, seperti ketidakseimbangan hormon yang dipicu tidur terlalu malam, kurang minum air putih, mengonsumsi junk food secara berlebihan dan lain sebagainya".


Nah, setelah mengetahui alasan-alasannya, apakah kamu melakukan salah satu di antaranya? Kalau masih bingung, kamu bisa datang dan konsultasikan permasalahan kulit kamu bersama dokter kulit terdekat.