Fakta atau Mitos, Es Batu Bisa Mengecilkan Pori-pori?


Kamu pasti pernah baca di postingan sosial media atau melihat beberapa beauty influencer melakukan kompres es batu pada kulit wajah mereka untuk mengecilkan pori-pori. Pertanyaanya, apakah benar kalau es batu bisa mengecilkan pori-pori besar? Bahas lebih lanjut dengan dokter kulit yuk!


Pori-pori

Secara definisi, pori-pori kulit merujuk pada lubang kecil di permukaan kulit di mana berfungsi sebagai tempat berjalannya minyak dan keringat untuk mencapai permukaan kelenjar yang ada di bawah kulit. Terdapat dua jenis pori-pori pada manusia, yaitu :

  • Pori-pori minyak: Jenis pori ini terhubung ke kelenjar minyak. Setiap manusia memiliki pori minyak di seluruh permukaan kulit, kecuali kulit di telapak tangan dan telapak kaki. Nah, jenis pori minyak inilah yang paling menarik perhatian karena ukurannya bisa cukup besar dan nampak untuk dilihat. Pada dasarnya, jumlah kelenjar minyak akan tetap sama sepanjang hidup, namun ukurannya bisa meningkat seiring bertambahnya usia, terutama pada masa remaja.

  • Pori-pori keringat: Selain pori minyak, manusia juga memiliki pori-pori keringat di seluruh kulit. Berbeda dari temannya, pori-pori keringat cenderung sangat kecil dan tidak begitu timbul pada permukaan. Kabar lainnya, jika terlalu aktif, pori-pori keringat bisat menyebabkan hiperhidrosis (keringat berlebihan).

Umumnya, fungsi utama pori-pori adalah membantu menjaga permukaan kulit tetap bersih dan sehat. Selain itu, pori-pori keringat bertugas dalam mengatur suhu tubuh, sedangkan pori-pori minyak berfungsi untuk pelumasan yang menjaga kelembapan kulit dan menjaga kulit terhadap polusi lingkungan serta infeksi.


Lalu, benarkah mengompres es batu pada kulit bisa mengecilkan penampilan pori-pori?

Menurut dokter kulit IORA Clinic, mengecilkan pori-pori dengan cara mengompreskan es batu pada permukaan kulit bisa saja terjadi, namun hal itu hanya bertahan dalam waktu yang sangat singkat sebelum akhirnya kembali seperti semula. Hal ini dikarenakan ukuran pori-pori seseorang berhubungan erat dengan genetik yang mempengaruhi besarnya folikel rambut. Jadi, dibutuhkan perawatan ahli dan juga usaha lebih untuk mengecilkan penampilan pori-pori besar untuk jangka waktu panjang.


Baca juga: Penyebab Pori-pori Terlihat Besar dan Cara Mengatasinya



Cara Mengecilkan Pori-pori Besar

Tidak perlu khawatir, kalau kamu termasuk seseorang yang memiliki pori besar dan ingin mengecilkannya untuk waktu yang lama. IORA Clinic memiliki beberapa pilihan perawatan untuk mengatasinya, termasuk :


  • Laser, memanfaatkan teknologi penghantar energi panas dan cahaya, perawatan laser bisa jadi opsi terbaik dalam mengatasi penampilan pori besar. Hanya memakan waktu 15-20 menit, perawatan laser untuk pori-pori tidak akan meninggalkan bekas luka yang menganggu aktivitas.

  • Micro Xeomin, melalui metode injeksi, micro xoemin atau baby botox ini mampu menyamarkan penampilan pori besar yang mengganggu. Prosedur baby botox biasanya hanya membutuhkan 15 menit dan hasilnya akan membaik dan terlihat dalam beberapa hari setelah pengerjaan.

  • Peeling, kalau menginginkan sesuatu yang singkat dan sederhana, perawatan peeling jadi opsi terbaik. Menggunakan cairan khusus, peeling berfungsi untuk meruntuhkan sel-sel kulit mati dan kotoran sehingga mencegah terjadinya jerawat. Di IORA Clinic, perawatan peeling dilakukan tanpa pengelupasan.

  • Microneedling, memanfaatkan metode menusukan jarum-jarum kecil pada kulit, microneedling bisa merangsang kolagen dan jaringan kulit baru sehingga proses peremajaan kulit terjadi, termasuk meminimalkan tampilan pori besar.


Bagaimana? Apakah kamu sudah menemukan jawabannya melalui artikel ini? Stay healthy stay glow!