6 Perawatan Non-Bedah untuk Tampil Awet Muda


Meskipun terdapat banyak produk skincare yang menjanjikan anti-aging (anti penuaan), mendapatkan kulit awet muda tidak bisa hanya mengandalkan satu cara. Sejatinya, menjaga atau meningkatkan kualitas kulit membutuhkan faktor pendukung lainnya. Sebut saja pilihan gaya hidup, diet, olahraga, dan perawatan kosmetik yang harus dilakukan bersama ahli.


Dalam artikel kali ini, mari kita bahas perawatan non-bedah yang mampu mengembalikan kulit remaja. Simak ya!


#1. MMFU

Micro Macro Focused Ultrasound adalah salah satu perawatan kosmetik andalan yang mampu meremajakan kulit. Perawatan MMFU cocok dipilih untuk pasien yang tidak menginginkan perawatan injeksi atau luka. Selain untuk mengontur bentuk wajah dan beberapa area tubuh, MMFU bekerja untuk mengurangi tampilan garis halus ataupun kulit kendur, seperti smile line dengan cara mengencangkan kulit melalui alat canggih.


Tidak membutuhkan jarum suntik, MMFU memanfaatkan sebuah alat yang mampu mendistrubusikan energi ultrasonik secara merata sekaligus menargetkan lapisan superfisial kulit serta lapisan kulit yang lebih dalam untuk merangsang produksi kolagen, sehingga kolagen yang menua akan kembali bergenerasi.


#2. Skin Resurfacing Laser

Masih tanpa suntikan, perawatan laser skin resurfacing bisa jadi pilihan untuk meremajakan kulit. Lebih lanjut, laser skin resurfacing adalah perawatan berbasis energi yang menggunakan teknologi canggih untuk pengelupasan kulit yang menembus lapisan sub-dermal kulit guna mendorong regeneratif alami tubuh.


Di IORA Clinic, laser skin resurfacing dilakukan oleh dokter yang akan mengaplikasikan mesin perawatan ke kulit. Perawatan laser ini akan terasa sedikit panas dan sering kali menimbulkan sensasi kesemutan secara tipis. Jika dilakukan secara rutin atas rekomendasi dokter, perawatan laser ini membantu pasien dalam mencapai penampilan kulit yang diinginkan. Selain itu, perawatan kombinasi mungkin diperlukan untuk hasil yang maksimal.


#3. PRP Micro-needling

Perawatan peremajaan kulit lainnya bisa didapatkan dari PRP Micro-needling. Memanfaatkan teknik menusukkan jarum kecil ke kulit, perawatan ini merupakan salah satu pendekatan anti-penuaan paling alami yang pernah ada, karena serum/gel yang digunakan merupakan plasma darah pasien.


Menurut dokter kulit, mengombinasikan teknik microneedling dengan PRP dapat menghasilkan pergantian sel, yang nantinya meningkatkan produksi kolagen saat tubuh menjalani proses penyembuhan alami dari luka yang diciptakan jarum-jarum kecil. PRP atau Platelet Rich Plasma mengandung faktor pertumbuhan (Growth-factor) kuat yang merangsang sintesis kolagen langsung dari darah pasien yang sudah diproses. Selain itu, manfaat dari PRP adalah membangun dan menyembuhkan kembali jaringan ikat serta meregenerasi kulit sehingga kulit tampak lebih muda. Perawatan PRP microneedling direkomendasikan untuk perbaikan tekstur, mengencangkan garis-garis halus, bekas jerawat yang dangkal, dan penampilan pori-pori yang besar.


#4. Pure Toxin atau Botox

Jika kerutan atau garis penuaan sudah terlihat cukup tebal dan dalam, melakukan perawatan botox jadi pilihan efektif. Selain lebih signifikan, perawatan botox dapat menghilangkan kerutan serta meningkatkan kualitas kulit disekitarnya. Melalui injeksi/suntikan, pure toxin adalah neuromodulator yang dirancang untuk membekukan otot yang bertugas menggerakan wajah untuk sementara.


Umumnya, perawatan botox bermanfaat dalam menyamarkan kerutan dan garis halus di area dahi, sela mata, di area luar mata, dan area ekspresi wajah lainnya dalam beberapa menit. Hasil prosedur botox akan terlihat dan semakin membaik dalam 7-14 hari. Selain terkenal memperbaiki kerutan, botox juga bisa dipakai untuk area masseter (rahang), yang memberikan efek wajah tirus dan langsing. Bagi pasien yang menginginkan penampilan awet muda, dokter menyarankan untuk melakukan botox dua kali dalam satu tahun.


#5. Hyaluronic Acid atau Dermal Filler

Rekomendasi selanjutnya adalah dermal filler, perawatan kosmetik tanpa bedah dengan teknik injeksi untuk meningkatkan volume di area wajah serta memperbaiki kulit kendur akibat penuaan. Selain digunakan untuk kontur wajah, dermal filler masih menjadi treatment efektif dan memberikan hasil signifikan dalam mengembalikan penampilan awet muda.


Diinjeksikan ke lapisan dermal kulit, filler bertugas untuk memperbaiki kasus lipatan dan kerutan wajah sedang hingga parah. Kasus seperti lipatan nasolabial, tear trough deformity, menipisnya volume bibir, jowls, sampai dengan koreksi kekurangan kontur wajah yang menyusut karena usia. Setelah prosedur, hasil filler dapat bertahan antara 6 dan 12 bulan, tergantung pada seberapa banyak pengisi yang digunakan dan juga gaya hidup pasien.


#6. Collagen Stimulator

Persis seperti dermal filler, collagen stimulator bekerja untuk merangsang pembentukan kolagen yang sedikit demi sedikit menghilang karena bertambahnya usia. Diinjeksikan ke dalam kulit, collagen stimulator mampu mengembalikan penampilan awet muda dengan cara mengisi kulit kendur dan juga fitur-fitur wajah yang sudah terlihat menyusut.


Tanpa waktu pemulihan, hasil dari perawatan collagen stimulator bisa dilihat dan dirasakan sesaat setelah melakukan prosedur. Mampu bertahan beberapa bulan sampai dengan satu tahun, collagen stimulator menjadi perawatan dambaan bagi pasien yang menginginkan kulit muda dan kencang tanpa kerutan.




Nah, itu dia 6 pilihan perawatan tanpa operasi yang bisa kamu lakukan untuk mempertahakan penampilan awet muda. Selain tanpa luka dan bekas yang menggangu, 6 perawatan tersebut bisa dilakukan secara singkat dengan hasil yang mampu bertahan cukup lama. Datang dan konsultasikan permasalahan kulit kamu bersama dokter profesional kami di IORA Clinic.



Transformasi perawatan skin aging di IORA Clinic bersama dokter Edwin Tanihaha
Transformasi perawatan skin aging di IORA Clinic